13 June 2010

LOVE is CINTA

Cinta.., acapkali kata ini disebut, hati pun bergetar, terbuai oleh perasaan indah nan mulia. Seakan tersiram oleh keindahan cinta yang berbaur dengan keharuman minyak Yasmine. Orang yang dimabuk cinta seakan tak puas bila tak bermandikan air hujan nan bersih suci, disiram oleh tangan kasih sayang. Dan ia pun seakan terbang nun di atas sana. Menerobos hujan yang tenang, melambai gemulai, indah, dan bersiramkan wangian misik. Ia menghimpun orang yang dicintai ke arena keharuman wewangian, membawanya mengelilingi harumnya mawar. Namun, tahukah kamu cinta itu apa ?!

Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lemah lembut dan kasih sayang. Cinta adalah fitrah manusia yang murni, yang tak dapat terpisahkan dengan kehidupannya dan ia selalu dibutuhkan.

Hikmah cinta diantaranya adalah :
  1. Cinta merupakan ujian yang sangat berat dan pahit dalam kehidupan manusia, karena setiap cinta akan mengalami berbagai macam rintangan.
  2. Fenomena cinta yang telah melekat di dalam jiwa manusia merupakan pendorong dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan kehidupan lingkungan.
  3. Cinta merupakan faktor utama di dalam kelanjutan hidup manusia, dalam kenal mengenal antar mereka, dan juga mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan yang tersimpan di dalam keindahan alam, kehidupan dan kemanusiaan.
  4. Cinta jika diperhatikan merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan antar anggota keluarga, masyarakat, mengasihi sesama, keamanan, ketentraman dan keselamatan di segala penjuru bumi.
  5. Cinta yang didasari dengan keimanan, pasti akan dapat melahirkan keajaiban-keajaiban, merubah jalannya sejarah dan menjunjung tinggi kehormatan dan kemuliaan.

Faktor Penyebab Tumbuhnya Perasaan Cinta
Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki perasaan cinta, yaitu :

  • Sifat-sifat yang dimiliki seseorang.
Sifat-sifat yang dipunyai oleh seseorang yang membuat ia dicintai kekasihnya adalah berbeda-beda antara seseorang dengan orang lain dari sudut cara pandangnya. Misalnya sifat kecantikan secara umum dikatakan sebagai sifat yang seringkali menumbuhkan rasa cinta. Iya kan...??!

  • Perhatian sang kekasih terhadap sifat-sifat tersebut.
Hal ini tergantung pada kadar menonjolnya sifat tersebut dan kadar kepekaan orang yang mencintai itu untuk menyadarinya. Ia selalu dapat memaafkan kecacatan sifat-sifat lain yang dimiliki kekasihnya itu.

  • Pertautan antara orang yang sedang jatuh cinta dengan orang yang dicintainya.
Inilah faktor yang mempertautkan jiwa diantara keduanya, dimana pertautan jiwa ini merupakan pemicu cinta yang paling kuat.

Ada 2 macam pertautan jiwa :

1. Pertautan asal (internal linkage)
Pertautan ini timbul karena adanya kesamaan beberapa watak, sehingga kemudian diantara kedua belah pihak terjadi ketertarikan terhadap pihak lain.

2. Pertautan yang tumbuh dari luar (external linkage)
Pertautan jiwa ini timbul karena ada suatu maksud dan menghilang karena ketiadaan maksud tersebut. Dalam hal ini dapat diartikan bahwa cinta sebagai suatu bentuk pemberian dan pengorbanan.
[ Qoshell/Berbagai sumber ]