14 July 2010

Perkembangan OS Android


Keinginan Google terjun ke ranah seluler sudah terendus sejak tahun 2005, yaitu ketika raksasa mesin pencari itu mengakuisisi Android Inc., perusahaan startup yang beralamat di California. Google sendiri baru menjawabnya dua tahun kemudian, yakni dengan mendirikan Open Handset Alliance (OHA) di bulan November 2007. OHA sendiri merupakan konsorsium beranggotakan 34 perusahaan teknologi yang termasuk di dalamnya Google. Melalui OHA inilah sistem operasi Android dibikin dan dikembangkan hingga sekarang.

Pada Oktober 2008, OHA mengenalkan Android SDK versi perdana 1.0. Kemudian dilanjutkan dengan merilis HTC Dream, hape pertama yang mengadopsi OS Android. Tercatat sejak tahun 2009, Google telah mengenalkan enam versi Android dengan Froyo (versi 2.2) sebagai rilis terakhir yang diluncurkan beberapa minggu lalu. Siklus yang sangat cepat ini menjadikan si robot ijo sebagai perangkat lunak seluler yang paling cepat melakukan pembaruan.

Uniknya, penamaan setiap versi Android menggunakan nama-nama makanan. tengoklah Cupcake di versi 1.5 dan Donut di versi 1.6. Lalu pada versi 2.0/2.1 menggunakan nama Eclair dan versi baru yang 2.2 dengan sebutan Froyo. Rupanya penamaan ini dibuat tersusun mengikuti urutan abjad, C-D-E dan seterusnya. Cerdas bener ya mbah Google ini.....hehehe...

Versi-Versi OS Android

Versi 1.1
Versi ini dirlis pada 9 Februari 2009. Dibanding pendahulunya (versi 1.0), edisi ini menawarkan user interface yang lebih baik dan juga perbaikan pada aplikasi-aplikasi standar seperti alarm dan aplikasi olah pesan.

Versi 1.5 (Cupcake)
Iinterface Android dipercantik dengan menghadirkan efek-efek animasi selain dukungan multimedia, seperti rekam video,profil bluetooth A2DP, dan unggah video ke situs Youtube.


Versi 1.6 (Donut)
Jika Cupcake banyak berinovasi di multimedia, Android versi 1.6 yang dikenalkan pada 15 September 2009, banyak melakukan terobosan di sistem jaringan dan konektivitas. Yakni dukungan terhadap jaringan WCDMA/EVDO,WiFi dan juga kontrol applet VPN.


Versi 2.0/2.1 (Eclair)
Rislis SDK dua anggota Eclair ini hanya berselang satu bulan saja. Versi 2.0 diluncurkan pada 3 Desember 2009, sementara versi 2.1 menyusul di 12 Januari 2010. Ketimbang versi sebelumnya, Eclair adalah yang paling banyak melakukan pembaruan, baik pada optimasi hardware ataupun software. Diantaranya dukungan terhadap Microsoft Exchange, HTML5, digital zoom, dan modus multi sentuh. Di samping itu juga interfacenya menggunakan live wallpaper.


Versi 2.2 (Froyo)
Froyo dirilis secara resmi pada 20 Mei 2010, namun pada 20 Juni 2010 kemarin disediakan perbaikan melalui OTA (over the air). Update yang disediakan Froyo antara lain kinerja hardware yang lebih cepat, memungkinkan instalasi aplikasi ke memori eksternal, dukungan terhadap adobe Flash 10.1, WiFi yang bisa dibikin hotspot, fungsi update otomatis di Android Market, dan masih banyak lainnya.

Versi 3.0 (Gingerbread)
Android yang satu ini belum beredar. dari informasi di interet, Gingerbread kemungkinan akan dirilis pada pertengahan Oktober nanti dengan menambahkan toko musik online di Market, perubahan user interface, resolusi yang lebih besar, serta peningkatan fungsi copy-paste. Adapun spesifikasi minimum hape untuk bisa melakukan update ke Gingerbread adalah kapasitas CPU 1 GHz dengan RAM 512 MB plus diagonal layar 3.5 inci.


[dari berbagai sumber]