05 September 2010

FENOMENA FACEBOOK


Kemunculan Facebook sebagai situs jejaring sosial populer belakangan ini, membuat para pengembang aplikasi social media pun tertarik untuk mengikuti jejaknya. Beragam layanan yang mirip dengan situs bikinan Mark Zuckerberg tersebut dibuat dan dihadirkan untuk memenuhi keinginan pengguna internet di seluruh dunia.

Dan inilah situs jejaring sosial populer di dunia beserta tiruannya :

  • Facebook

Pada tanggal 4 Pebruari 2004, seorang lulusan Harvard yang bernama Mark Zuckerberg mendirikan situs Facebook untuk menjalin hubungan dengan teman-temannya. Situs ini bertujuan untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia melalui komunitas, seperti kota, kerja, sekolah dan lainnya agar saling terkoneksi dan juga berinteraksi bersama. Sehingga tagline yang dibawanya adalah "Facebook helps you connect and share with the people in your life".

  • MillatFacebook

Untuk menghadang laju Facebook, sekelompok anak muda profesional pada bidang IT, membuat situs MillatFacebook pada tanggal 30 Mei 2010 di Lahore, Pakistan. Tujuannya untuk menghubungkan umat muslim dan non-muslim seluruh dunia dengan layanan yang Islami. Berbekal tagline "Ummaha's very own, first social networking site, and a place to unite over 1.57 billion muslims and peaceful people from other religions".

  • Ikhwanbook

Gerakan minoritas Mesir, Ikhwanul Muslimin pun menjadikan situs jejaring sosial sebagai usaha dalam berdakwahnya. Situs yang diberi nama Ikhwanbook dimunculkan untuk mempromosikan Islam moderat dengan tagline "Where you can share your life with other muslim brother over the world".

  • Madina

Dengan tampilan yang menyerupai Facebook, situs ini berusaha menarik minat orang Islam di seluruh dunia untuk bergabung dengannya. Dengan warna dasar kehijauan menunjukkan warna konotasi dunia Islam. Kebijakan yang diambil oleh Madina adalah melarang anggota perempuan memasang foto profil mereka. Namun apakah usaha ini bisa dipatuhi dan berhasil ?! Berbekal tagline "Madina helps you connect and share halal with the people in your life".

  • Info24jam

Inilah situs jejaring sosial mirip facebook yang dimiliki Indonesia dengan tagline "Membantu hidup anda untuk menjalin hubungan dan berbagi dengan 10000+ member aktif". Info24jam didedikasikan untuk pengguna layanan jejaring sosial masyarakat Indonesia yang senang akan pertemanan.

Benar-benar deh Facebook telah membius seluruh orang di dunia untuk online....
hehehe.....