07 January 2011

Android Gingerbread

Pada tanggal 6 Desember 2010 lalu, Android OS versi 2.3 Gingerbread resmi dirilis oleh Google. Dalam situs resminya, Google mengklaim jika platform baru ini akan menawarkan sejumlah terobosan bagi end-user dan juga pengembang. Apa saja sih yang dimiliki oleh si roti jahe ini ?! Yuuuk kita intip !

User Interface (UI)
Gingerbread menjanjikan manajemen aplikasi yang lebih user-friendly, responsif, dan lebih hemat daya. Visualisasi tema lebih sederhana dengan pemilihan warna gelap dan kontras.

Virtual keypad
Keypad virtual didesain ulang dan dioptimalkan dengan tujuan supaya proses pengetikan dan pengeditan dapat dilakukan lebih cepat. Keypad ini pun mendukung modus multi-touch untuk memudahkan pemakai dalam mendapatkan angka dan simbol. Contohnya seperti menekan shift + sebuah karakter, mirip pada keyboard komputer.

Copy-Paste Editing
Teknik penyuntingan kalimat/kata dengan cara menyeret kalimat yang hendak diedit.

Management System
Gingerbread akan berperan lebih aktif dalam mengelola aplikasi. Aplikasi-aplikasi yang terlalu lama berjalan di background, dan mengkonsumsi banyak memory akan dinon-aktifkan secara otomatis. Tujuannya memberikan daya tahan baterai yang lebih lama, serta memberikan kinerja lebih baik.

Integrated VoIP
Fitur kontak di Gingerbread dipastikan akan menyediakan kolom khusus untuk akun SIP (Session Initiation Protocol), sehingga pemakainya dapat melakukan panggilan berbasis VoIP langsung dari kontak.

Near Field Communication (NFC)
NFC bisa diartikan dompet elektronik. Intinya, dengan hape berfitur NFC, kita dapat melakukan transaksi pembelian dengan cara menempelkan hape pada label barang. Implementasinya sedikit banyak menyerupai teknologi RFID yang diadopsi oleh Flazz BCA atau eToll Card Mandiri.

Front camera
Sebelumnya OS Android memang tidak mendukung penuh pemakaian kamera depan. Kalau pun ada, sedikit sekali hape yang mensematkannya. Dan biasanya kamera tersebut tidak bisa melakukan panggilan video melalui jaringan 3G (video call). Nah, pada Gingerbread pihak Google telah mengizinkan pemakaian dua buah kamera secara penuh.

Big screen
Seperti diketahui, Android versi 2.2 (Froyo) sejatinya belum sempurna untuk diimplementasikan pada perangkat berlayar lebar. Dengan Gingerbread ini, OS Android nantinya akan mendukung ukuran layar ekstra besar seperti Tablet PC.