04 August 2011

BlackBerry Yang Fenomenal

BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, akses internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Perangkat BlackBerry dibuat oleh Research In Motion (RIM) yang berpusat di Kanada. BlackBerry masuk ke Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Kemudian disusul operator lainnya, seperti Telkomsel dan Excelcom (sekarang XLAxiata).


Fitur andalan utama dan membuat BlackBerry tenar di pasar adalah layanan push e-mail. Dengan push e-mail, semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke hape dan dapat diterima dengan mudah. Selain itu BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan layanan Yahoo Messenger, namun dilakukan melalui jaringan tersendiri dengan memasukkan nomor identitas/nomor PIN. Penggunaan BlackBerry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi BlackBerry (BlackBerry Connect). Dengan layanan ini, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam BlackBerry untuk memanfaatkan BlackBerry Internet Solution. Pengguna hanya cukup menginstal BlackBerry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki.


Beberapa layanan yang disediakan oleh BlackBerry antara lain :
  •  BlackBerry Enterprise Server (BES)
Perangkat genggam BlackBerry terintegrasi pada sistem e-mail yang terorganisasi melalui paket perangkat lunak.
  •  BlackBerry Professional Software (BPS)
BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Layanan ini menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan.
  •  BlackBerry Internet Service (BIS)
Perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instant, serta berselancar di internet.
  •  BlackBerry Messenger (BBM)
BlackBerry Messenger merupakan aplikasi pesan instant yang tersedia pada perangkat BlackBerry. Jadi hanya pemilik BlackBerry saja yang dapat menikmatinya. Konsep ini jelas berbeda dengan layanan instant messaging umum, semisal Yahoo Messenger atau Google Talk yang multiplatform.

Dan berikut adalah fitur-fitur yang disediakan oleh BBM :

Chatting : BBM menawarkan fitur lebih luas, akses lebih cepat, antarmuka yang sederhana dengan kinerja yang powerfull dan didukung system sekuritas yang aman.

Group Chat : user bisa melakukan chat rame-rame dalam satu tampilan jendela, disamping berbagi konten foto atau melakukan penjadwalan bersama. Hal ini dikarenakan BlackBerry Group sudah terintegrasi dengan kalender.

Broadcast Message : layanan pengiriman pesan lewat jalur khusus dengan menyeleksi nama-nama yang dituju, kemudian tulis pesan yang ingin disampaikan. Lalu kirim dan selesai.

Geo-tagging : pengguna BlackBerry dapat menginformasikan lokasi keberadaannya melalui menu Send Location. Nantinya penerima dapat melihat langsung posisi pengirim melalui BlackBerry Maps.


Dari segudang kelebihannya itulah, sifat BBM yang eksklusif untuk handset BlackBerry menjadi minus terbesarnya. Bagaimana pun Anda tidak dapat menikmati aplikasi ini lewat smartphone lain di luar BlackBerry. Sementara itu, untuk dapat menikmatinya, pengguna diwajibkan berlangganan BlackBerry Internet Service, karena semua komunikasi pada BBM akan melibatkan server milik RIM.

Source : Wikipedia.org/Tabloid SINYAL/Tabloid BG/dan sumber terpercaya lainnya.