30 November 2011

Nama Bulan Dalam Sistem Tata Surya

Dalam sistem tata surya kita terdapat beberapa planet yang sudah diberi nama dan dikenal secara luas. Namun ada sebagian yang lain masih dalam penelitian hingga sekarang ini. Empat planet terdekat dengan matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars, disebut Planet Terestrial karena memiliki permukaan berbatu padat. Sedangkan empat planet yang lain, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, dikenal sebagai kumpulan gas raksasa. Sedangkan jauh diluar Neptunus, di tepi sabuk Kuiper, jauh, kecil, terdapat planet kerdil Pluto. Namun, tahukah Anda jika planet-planet tersebut memiliki bulan ?!


Bulan yang juga disebut satelit, datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan jenis. Mereka umumnya memiliki struktur material berbentuk padat, dan beberapa lainnya memiliki atmosfer. Para astronom telah menemukan sedikitnya 146 bulan yang mengorbit planet-planet dalam tata surya kita. Jumlah ini tidak termasuk 6 bulan dari planet kerdil, juga tidak menghitung satelit kecil yang mengorbit beberapa asteroid dan benda-benda angkasa lainnya. 23 bulan lain sedang menunggu konfirmasi resmi dari penemuan para astronom tersebut.


Dan berikut nama-nama bulan yang dimiliki oleh planet-planet dalam tata surya kita :

Untuk Matahari (sebagai pusat tata surya), Merkurius, dan Venus sampai sekarang belum ada yang bisa melakukan penelitian tentang ada tidaknya bulan di ketiga planet tersebut. Sedangkan bumi mempunyai 1 bulan. Adapaun Mars memiliki 2 bulan, yaitu Phobos dan Deimos.

Planet terbesar, Yupiter mempunyai 63 bulan, yaitu Io, Europa, Ganymede, Callisto, Amalthea, Himalia, Elara, Pasiphae, Sinope, Lysithea, Carme, Ananke, Leda, Thebe, Adrastea, Metis, Callirrhoe, Themisto, Megaclite, Taygete, Chaldene, Harpalyke, Kalyke, Iocaste, Erinome, Isonoe, Praxidike, Autonoe, Thyone, Hermippe, Aitne, Eurydome, Euanthe, Euporie, Orthosie, Sponde, Kale, Pasithee, Hegemone, Mneme, Aoede, Thelxinoe, Arche, Kallichore, Helike, Carpo, Eukelade, Cyllene, Kore, Herse, S/2000 J11, S/2002 J1, S/2003 J1 - J23).

Bulan-bulan yang dimiliki Saturnus berjumlah 35 bulan, yakni Mimas, Enceladrus, Tethys, Dione, Rhea, Titan, Hyperion, Iapetus, Erriapus, Phoebe, Janus, Epimetheus, Helene, Telesto, Calypso, Kiviuq, Atlas, Prometheus, Pandora, Pan, Ymir, Paaliaq, Tarvos, Ijiraq, Suttungr, Mundilfari, Albiorix, Skathi, Siarnaq, Thrymr, Narvi, Methone, Pallene, Polydeuces, Daphnis, Aegir, Bebhionn, Bergelmir, Bestla, Farbauti, Fenrir, Fornjot, Hati, Hyrrokkin, Kari, Loge, Skoll, Surtur, Greip, Jarnsaxa, Tarqeq, Anthe, Aegaeon.

Uranus memiliki 27 bulan yang terdiri dari Cordelia, Ophelia, Bianca, Cressida, Desdemona, Juliet, Portia, Rosalind, Mab, Belinda, Perdita, Puck, Cupid, Miranda, Francisco, Ariel, Umbriel, Titania, Oberon, Caliban, Stephano, Trinculo, Sycorax, Margaret, Prospero, Setebos, Ferdinand.

Adapaun planet Neptunus diliputi oleh 13 bulan, yaitu Triton, Nereid, Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, Larissa, Proteus, Halimede, Psamathe, Sao, Laomedeia, Neso.

Dan planet terjauh dari Bumi, Pluto memiliki 3 bulan, Charon, Hydra, dan Nix.