20 December 2011

4 Langkah Untuk Mendapatkan Peringkat Tinggi di Mesin Pencari

Mengarahkan lalu lintas pengunjung ke blog kita adalah salah satu usaha yang gampang-gampang susah. Karena tentunya kita akan menulis sesuatu atau konten yang berkualitas di blog kita agar para pengunjung mau "mampir" ke blog yang kita miliki. Dan ini pastinya kita akan menggunakan berbagai macam teknik SEO untuk mendapatkan trafik mesin pencari kan ?!. Meskipun sulit, bukan tidak mungkin dengan usaha yang keras blog kita akan mendarat di halaman pertama Google. Namun kita memang harus bersaing dengan blog yang sudah lama ada dan mapan. Untuk itu tidak ada salahnya kalau kita memperhatikan 4 hal berikut untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari :

1# Ikuti aturan

Banyak blogger yang mencoba untuk mengeksplorasi mesin pencari dengan trik-trik baru. Sebenarnya ini adalah sebuah kesalahan yang tanpa kita sadari. Jika kita ingin mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, kita harus mematuhi aturan. Jangan sampai jatuh ke dalam perangkap dunia maya. Karena mesin pencari itu sudah disertifikasi untuk memerangi manipulasi data yang dikirimkan oleh penggunanya. Jadi, mari kita bermain sesuai aturan yang ditetapkan.

2# Relevansi situs/blog

Eksplorasi mesin pencari telah menetapkan sendiri kriteria dalam memilih situs web atau blog yang menempati urutan pertama pada kata kunci tertentu. Tapi semua mesin pencari pada intinya sama dalam menggunakan metode pencariannya. Artinya sebuah mesin pencari mencari kata kunci pada blog yang dianggap memiliki kemiripan atau serupa. Ia juga akan memeriksa apakah kita memiliki konten yang berkualitas dan juga ada link yang mengarah ke blog kita. Dan terakhir, mesin pencari akan mengevaluasi blog kita dan bagaimana hubungannya serta relevansinya dengan blog lain sesuai dengan target pembaca/pengunjung.


3# Perluas jangkauan

Google merupakan mesin pencari yang fokus pada kualitas dan relevansi blog. Jadi dengan memiliki konten yang fokus pada kategori blog yang kita miliki adalah penting. Ini bukan berarti kita hanya akan menulis satu materi saja lho. Tetapi bagaimana kita memperkaya isi dari materi blog atau konten yang menarik dan unik bagi audience kita. Menghubungkan konten dengan blog lain yang terkait, tetapi tidak berlebihan. Intinya kita tetap berpegang pada konsep awal blog dibuat.

4# Ringkas

Jangan mencoba terlalu panjang untuk mengetikkan kata kunci. Mesin pencari tidak akan memilih kita, bahkan jika kita tulis dengan huruf tebal. Blog kita tidak akan diukur oleh berapa banyak kata kunci yang kita miliki di setiap halaman. Kita akan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, jika blog kita menyediakan sumber yang baik dan memiliki substansi isi blog yang jelas kepada pembaca.