14 December 2011

Bahayanya Carrier IQ

Akhir-akhir ini banyak dibicarakan tentang Carrier IQ, terutama pengguna ponsel cerdas (smartphone). Carrier IQ merupakan aplikasi diagnosis dengan berbagai fitur unggulan, seperti Device Analyzer, Datacard Analyzer, Service Analyzer, Experience Manager, dan Mobile Service Intelligence. Aplikasi yang telah diinstal pada jutaan smartphone ini berfungsi untuk mengumpulkan semua aktifitas yang kita lakukan, termasuk tombol-tombol yang pernah ditekan, serta isi SMS dan mengirimkannya kepada pihak ketiga. Berarti ini sudah merusak privasi penggunanya. Carrier IQ terdapat pada hampir semua smartphone Android, kecuali Galaxy Nexus, Google Nexus One, Nexus S dan Motorola Xoom.


Kisahnya bermula pada Oktober 2011 lalu, Trevor Eckhart menemukan Carrier IQ ternyata mencatat hal yang tidak semestinya, seperti mencatat setiap sentuhan tombol dan mengirimkan data tersebut ke server Carrier IQ. Namun Carrier IQ menanggapi hal tersebut dengan menyatakan bahwa aplikasi tersebut tidak mencatat setiap sentuhan tombol atau menyelipkan aplikasi tracking lainnya. Minggu selanjutnya, Trevor Eckhart memposting bukti video yang menunjukkan bahwa Carrier IQ mencatat semua sentuhan tombol dan membaca SMS yang masuk di Android pada perangkat HTC Evo 3D. Parahnya lagi, aplikasi tersebut tidak dapat dihentikan atau dibuang oleh penggunanya. Meski hal ini tidak membuktikan bahwa Carrier IQ akan mengirimkan data tersebut ke servernya, tetapi jelas sudah bahwa aplikasi ini sudah bekerja diluar dari kewenangannya dan tidak dapat dikontrol para penggunanya.

Saat ini aplikasi Carrier IQ sudah terpasang pada kebanyakan ponsel, tidak hanya Android saja, tetapi juga Blackberry, iPhone, dan Symbian. Pihak Carrier IQ pun menanggapinya dengan mengatakan bahwa aplikasi tersebut dibuat untuk tujuan baik dan bukan bertujuan untuk sesuatu yang merusak. Saat Carrier IQ mencoba menjelaskan, banyak perusahaan yang membuat jarak dari Carrier IQ. AT&T, Sprint dan T-Mobile mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi Carrier IQ hanya untuk meningkatkan jaringan nirkabel. Sedangkan Verizon membantah menggunakan aplikasi tersebut. Sementara Apple akan menghentikan aplikasi Carrier IQ pada iOS 5-nya. Lalu HTC akan menggunakan apabila pengguna menginginkannya dan tidak berpartner sama sekali dengan Carrier IQ. Pihak Nokia membantah bahwa aplikasi Carrier IQ ada pada perangkatnya. Begitu juga dengan RIM Blackberry yang menyatakan tidak melakukan pre-install aplikasi tersebut.


Oleh karena itu bagi Anda pengguna ponsel Android, bila telah diinstal Carrier IQ atau curiga bila aktifitas Carrier IQ terdapat pada perangkat Anda, silahkan kunjungi market.android.com. Lalu ketikkan kata kunci "Carrier IQ" pada kolom "search". Disana nanti Anda akan menemukan berbagai macam aplikasi untuk mengatasi Carrier IQ, seperti Carrier IQ Detector, Bitdefender Carrier IQ Finder, Carrier IQ Process Killer, Carrier IQ Scanner, dan lain-lain. "Lebih baik mencegah daripada mengobati"


Sumber : Tabloid Pulsa Edisi 223 Th IX/2011