05 February 2012

Blog vs Website

Aktifitas blogging akhir-akhir ini nampaknya semakin diminati oleh kalangan generasi muda kita. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya koneksi internet dapat ditemukan. Mulai dari warnet, ponsel, tablet hingga sekolah dan kampus yang menyediakan hotspot area. Dengan adanya fasilitas pendukung seperti itu, maka akan banyak orang untuk memanfaatkan perkembangan IT sebagai sarana berekspresi tanpa batas. Dan salah satu media yang dipakai adalah blog. Namun masih banyak yang belum mengerti apa sih blog itu ?!

Blog adalah sebuah media aktualisasi diri seseorang dalam bentuk tulisan yang biasanya disusun berdasarkan kronologis peristiwa (urutan waktu kejadian), dari yang terbaru di bagian atas halaman utama (homepage) hingga ke postingan paling lama yang ada di bawah. Dalam prakteknya, blog bisa juga disebut sebagai jurnal pribadi yang ditampilkan di media internet. Mulai dari aktifitas sehari-hari, hobi, hal-hal yang unik dan menarik, kejadian lucu dan langka ataupun informasi yang up to date. Namun sebagian netter (pengguna internet) masih ada yang bingung untuk membedakan antara blog dengan website. Secara sekilas antara blog dan website itu sama, karena blog juga termasuk website. Tapi tidak ada salahnya disini saya mau berbagi dengan Anda untuk menguraikan perbedaan antara blog dengan website tersebut.

Berita/Artikel
Artikel/postingan di blog akan ditampilkan berdasarkan waktu kejadian (hari/tanggal). Postingan terbaru ditampilkan diatas yang disusul postingan lama. Hal ini karena aspek jurnalistik blog adalah diary online (catatan pribadi). Diary mempunyai isi yang didasarkan pada tanggal peristiwa kan ?! Begitu juga dengan blog. Lalu apakah ini terdapat di website "normal" ? jawabannya bisa iya bisa tidak. Namun kebanyakan tidak.

Konten
Hambatan yang sering dikeluhkan oleh pengguna website adalah mereka kesulitan dalam penambahan konten. Walaupun saat ini website sudah berkembang dari statis menjadi dinamis dengan sistem CMS (Content Management System) yang canggih, seperti Joomla, Mamboo, PHP Nuke, CMS buatan sendiri, dan banyak lagi, tetapi bagi newbie, pembuatan website masih diluar jangkauan mereka.

Blog itu "lebih" dari website
Blog itu feel/perasaan, hobi, keinginan, dan motivasi. Di sana dapat dimunculkan sebuah catatan berlagak jurnalis sehingga sering di update. Dalam blog dapat terjadi interaksi karena adanya diskusi. Dan blog itu alat komunikasi yang natural sebagai sumber informasi komunal.

Komentar
Postingan yang ditulis dalam blog akan mengundang orang untuk memberikan responnya. Karena di dalam blog ada bagian yang memiliki form/tempat untuk menulis komentar atas tulisan kita. Ini memberikan kesan bahwa nge-blog tidak hanya sekedar nulis dan publish, tetapi mempunyai daya fungsi diskusi dua arah antara pemilik blog dan pembaca.

Penghasil uang
Dengan bermodal semangat, hobi, atau keahlian tertentu dan termotivasi untuk menulis konten yang berkualitas, maka akan dapat menarik banyak pengunjung ke blog kita. Artinya apabila pengunjung sudah banyak, maka blog monetize milik kita. Blog tidak hanya sebagai sarana informasi yang menarik bagi orang lain, tapi juga bisa menghasilkan pendapatan yang berupa uang. Dan imbasnya kita dapat menjadi blogger profesional.

Ayo nge-blog..... !