12 February 2012

Kategori Perangkat IT

Laptop, tablet, dan smartphone akhir-akhir ini hadir dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Masing-masing menyasar pengguna yang berbeda. Kita sebagai konsumen terkadang dibuat bingung untuk mencari mana yang terbaik dalam memberikan layanan kepada kita. Yang pada gilirannya bisa jadi memusingkan. Untuk memberikan gambaran tentang produk-produk IT tersebut, saya berusaha menjelaskannya agar Anda memiliki sekilas informasi yang mungkin membantu dalam mengambil keputusan untuk berbelanja dengan penuh percaya diri. Tulisan ini saya kutip dari majalah Laptop1 volume 25. Produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda ?! Berikut ulasannya :

Smartphone


Smartphone telah beredar selama bertahun-tahun, tapi belakangan ini baru terasa kepopulerannya. Kini smartphone hadir dengan processor dual core yang mampu memutar dan merekam video full HD. Smartphone high end atau superphone, cocok bagi orang yang menginginkan konten HD dan sering berkutat dengan file berukuran besar di perjalanan. Gadget ini masih memiliki layar kecil, tapi telah banyak yang hadir dengan HDMI out sehinga Anda dapat menghubungkannya ke TV berdefinisi tinggi untuk menayangkan video dan memamerkan karya foto Anda.

Tablet


Tablet adalah produk paling "panas" di dunia saat ini. Gadget genggam ini merupakan penghibur bertenaga yang mampu memutar film, game dan menjalankan banyak apps keren. Semua tablet populer memiliki toko apps yang ekstensif. Namun yang paling produktif adalah AppStore-nya Apple (iPhone) dan Android Market (Android/Google).

Netbook


Netbook memiliki ukuran yang kecil, rendah biaya dan tenaga, serta di desain bagi orang-orang yang ingin mengirim/menerima e-mail dan mengakses web dimanapun mereka berada. Netbook biasanya berukuran 10 inci, meski beberapa model yang lebih mahal mungkin memaksanya hingga 12 inci. Tersedia dengan banderol sekitar Rp 2.5 jutaan dengan prosesor Intel Atom yang mempunyai daya simpan atau hard drive mulai 160 GB ber-OS Windows 7 Starter.

 

Ultraportable


Jika Anda menginginkan tenaga, performa, dan sebuah laptop yang ringan, maka yang Anda butuhkan adalah sebuah ultraportable. Sebagian besar ultraportable dibanderol sekitar Rp 8 juta ke atas. Tapi harganya setimpal dengan tenaga mumpuni di sebuah laptop yang bobotnya hanya sekitar 1.5 kg. Inilah yang membuat mesin-mesin seperti Samsung 9 Series dan MacBook Air menjadi perangkat yang paling didambakan di planet ini. he he he.....

Multimedia


Jika Anda mencari mesin tingkat tinggi yang mampu memutar film berdefinisi tinggi (HD) terkini dan ingin kreatif menggunakan editor foto dan video, maka laptop multimedia cocok buat Anda. Laptop yang dibanderol diatas Rp 7 jutaan ini cenderung memiliki prosesor yang sanggup menjalankan performa multimedia, seperti Intel Core i5 nan canggih, dan didukung drive Blue-ray untuk memutar film HD terkini serta layar yang mampu menampilkan konten 3D.

Gamer


Tidak seperti tahun-tahun yang lalu, kini laptop dapat memainkan semua game terkini yang full high definition (full HD). Laptop gaming sebagian besar dibanderol di kisaran Rp 10 jutaan. Prosesor Intel Core i7 dengan kartu grafis besar adalah fitur yang lazim ditemui pada perangkat ini. Inilah yang membuat laptop jenis gaming menjadi yang termahal di pasar. Bahkan juga mempunyai bobot lebih dari 4 kg, sehingga Anda tidak ingin membawanya bepergian kan ?!