23 February 2012

Tips Dapatkan Google Sitelink


Google sebagai mesin pencari paling populer di internet menjadi situs yang sangat familiar untuk digunakan dalam banyak hal. Mulai dari sekedar pencarian, hiburan, pendidikan, hingga bisnis. Bahkan untuk optimasi blog atau situs tertentu dengan teknik yang disediakan olehnya. Dan berikut adalah beberapa tips singkat untuk mendapatkan Google sitelink pada blog Anda.

Perkuat keyword (kata kunci) blog
Hal pertama yang Anda lakukan untuk mengenalkan blog adalah memperkuat "keyword" blog. Anda bisa memasukkan kata kunci blog pada posting, sidebar, comment dan lain-lain di blog Anda. Misalnya seperti blog saya "teknologi", "pendidikan", dan "arivatecs". Atau bisa juga berkomentar di blog teman-teman Anda dengan menyertakan nama / URL. Disamping itu juga bisa memanfaatkan pertukaran link dengan orang lain.

Hindari broken-link pada blog
Sebaiknya periksa secara berkala template blog Anda. Jangan biarkan ada link yang rusak, seperti kesalahan menggunakan tag HTML, CMS, anchor text dan sebagainya. Karena kalau akses ke blog Anda mudah dan tanpa gangguan, maka membuat Googlebot akan datang secara teratur dan terus menerus ke blog Anda. Jika navigasi yang ada di blog Anda baik, maka akan mengundang banyak blogger untuk mengklik menu navigasi tersebut.

Lalu lintas tinggi
Syarat utama untuk mendapatkan tautan dari Google adalah lalu lintas (traffic) blog yang tinggi. Misalnya saat Anda berkunjung ke suatu blog, berilah komentar pada artikel yang Anda baca. Selain itu manfaatkan juga situs iklan baris. Hal ini untuk mencari dukungan ke beberapa blog/situs yang sejenis atau situs direktori, yang nantinya dapat diperoleh pembaca akhir situs yang akan meningkatkan lalu lintas ke blog Anda.

Kualitas konten
Konten adalah raja, dan SEO adalah ratu. Kira-kira begitulah prinsip yang dipegang oleh para blogger profesional. Konten yang menarik akan mengundang lebih banyak pembaca dan pengunjung blog yang akan meningkatkan trafik blog Anda. Memperbarui konten blog Anda secara teratur dan membuatnya menarik adalah salah satu caranya. Jika itu harus copas, maka sertakan sumber artikel tersebut. Tapi sebaiknya Anda menulis artikel hasil pemikiran Anda sendiri itu lebih baik.

Tingkatkan internal link
Link internal adalah link yang ada di blog yang mengarah ke blog Anda. Maksudnya, cobalah membangun link internal di blog Anda dengan mengarahkan setiap postingan artikel pada blog. Bisa juga dengan menggunakan fasilitas related post, breadcrumb navigation dan yang lainnya, yang pada dasarnya mengarah ke artikel Anda.