22 September 2012

Teknologi User Interface

Meski terlihat sama dan identik, namun ternyata tidak semua ponsel Android diciptakan sama. Ada beberapa perbedaan signifikan pada perangkat Android terlebih apabila dilihat dari user interface (UI) yang mereka gunakan pada perangkat masing-masing. Seperti halnya Samsung yang memiliki TouchWiz UI, HTC dengan Sense UI, Sony dengan TimeScape UI atau LG dengan Optimus UI. Sementara Motorola menghadirkan MotoBlur UI.


Dimulai dari TouchWiz milik Samsung. UI ini digunakan pada semua smartphone Samsung Galaxy dan berbagai jenis Galaxy Tab. TouchWiz membuat beberapa perubahan kecil untuk tampilan dari Android seperti menambahkan tombol ke bar notifikasi yang memungkinkan untuk pengaktifan WiFi, Bluetooth, GPS dan Auto Rotation. Mayoritas perubahan pada TouchWiz datang dalam bentuk aplikasi yang sudah ditambahkan oleh Samsung. Contohnya Kies Air untuk mentransfer file dari telepon menggunakan WiFi, Readers Hub yang memiliki akses ke buku-buku, majalah dan surat kabar. Atau Polaris Office yang memungkinkan melihat dan mengedit dokumen Microsoft Office.



Selanjutnya ada Sense UI yang bisa ditemukan pada smartphone dan tablet HTC. Modelnya seperti layar awal dengan widget digital jam animasi. Dan Home Screen yang memiliki fitur animasi cuaca dan prakiraan cuaca. HTC Sense juga mencakup widget Friend Stream yang menunjukkan aktifitas pada Facebook dan Twitter. Atau fitur Lock Screen yang sudah dikustomisasi sehingga dapat langsung loncat ke menu atau aplikasi. Dengan terintegrasinya HTC Sense ke HTCSense.com, maka fasilitas untuk mengunci, melacak atau menghapus data jarak jauh bisa dilakukan. Bahkan Sense UI v.4.0 menambahkan penyimpanan gratis Dropbox sebesar 50 GB dan teknologi Beats Audio.

Motorola menggunakan MotoBlur UI pada perangkat Android mereka. MotoBlur memiliki fokus pada jejaring sosial dan mengintegrasikan pesan teks SMS dengan update status dari Facebook dan Twitter pada Home Screen. MotoBlur juga memiliki kemampuan pelacakan telepon jarak jauh seperti HTC Sense dan Samsung TouchWiz.

 
Sony menggunakan TimeScape UI pada smartphone Xperia. Seperti MotoBlur, TimeScape juga memiliki fokus pada jejaring sosial. Home Screen di TimeScape menunjukkan e-mail, pesan teks dan update status dari Facebook dan Twitter dalam daftar bergulir yang menyerupai setumpuk kartu.

* Diolah dari berbagai sumber