12 October 2012

Aplikasi Google Untuk iOS

Google dan Apple saat ini sedang bersaing untuk menjadi raja sistem operasi perangkat bergerak (mobile) lewat Android dan iOS. Berbagai layanan dan fasilitas mutakhir disediakan oleh kedua perusahaan tersebut. Mulai dari sisi tampilan atau user interface, maps, multimedia hingga virtual assistant. Namun sang raja mesin pencari Google ternyata menyediakan layanannya untuk perangkat berbasis iOS. Diantara layanan-layanan tersebut adalah :

 
Google Search
Tak bisa dipungkiri bahwa Google masih menjadi pilihan utama pengguna internet sebagai mesin pencarian di dunia maya. Untuk iPad, aplikasi ini bahkan didesain khusus untuk pengalaman yang lebih baik. Pengguna bisa menampilkan hasil pencarian dan tampilan situs secara berdampingan. Disamping itu Google dapat juga melakukan pencarian menggunakan suara dan foto berdasarkan gambar. Untuk menemukan rekomendasi tempat sekitar, pengguna tidak perlu mengetikkan informasi lokasinya.

 
Google Translate
Bagi Anda yang sering berkomunikasi langsung dengan orang asing atau setidaknya menggunakan bahasa asing, aplikasi ini wajib dimiliki. Google Translate yang sudah lebih dulu populer dalam versi web, kini telah mendukung hingga 64 bahasa. Tak hanya bisa untuk menerjemahkan kata atau frasa lewat input tulisan saja, tapi juga bisa menggunakan suara untuk diterjemahkan. Aplikasi ini mempunyai fitur starred dan history yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Google Translate dalam kondisi offline.

 
Google Latitude
Google Latitude memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga dengan cara memudahkan pengguna berbagi lokasi keberadaan dan melihat pengguna lain dalam peta. Anda cukup melakukan "check in" untuk berbagi lokasi. Tersedia pilihan opsi kontrol privasi untuk membatasi berbagai informasi yang mau di share.

 
Google Earth
Dengan Google Earth, Anda dapat menuju ke lokasi manapun di muka bumi hanya dengan sentuhan jari. Anda dapat melihat-lihat foto berdasarkan tempat. Google Earth juga memiliki tampilan 3D yang membuat area yang Anda kunjungi terlihat semakin nyata sehingga Anda bisa membayangkan terbang melewatinya.

 
Google Shopper
Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk menemukan informasi tentang produk yang diinginkan. Caranya, cukup scan barcode atau cover CD, DVD, buku ataupun kemasan produk yang dimaksud menggunakan lensa iPhone atau iPad. Google Shopper akan menampilkan harga lokal dan online untuk Anda. Selain itu tersedia pula informasi berupa ulasan, spesifikasi dan video tentang produk yang Anda cari.

Sumber : Tabloid Pulsa Edisi 243 Th X/2012