09 December 2012

Fitur Unggulan Windows Phone 8

Selang beberapa hari setelah Apple meluncurkan iOS 6, Microsoft pun secara resmi menghadirkan Windows Phone 8 pada tanggal 20 Juni 2012. Sistem operasi ini hanya akan di dukung oleh perangkat smartphone baru yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Namun launching resmi Windows Phone 8 (selanjutnya disebut WP8) yang selanjutnya disusul dengan jajaran smartphone pendukungnya baru pada 29 Oktober lalu.


Dan inilah diantara fitur unggulan yang ada pada Windows Phone 8 :

Start Screen
Microsoft secara detail memperlihatkan beberapa perbaikan start screen yang diusung WP8 bila dibandingkan dengan versi sebelumnya, Windows Phone 7 (WP7). Dengan masih mempertahankan live tiles yang merupakan ciri khas Windows Phone, WP8 menghadirkan tile yang dapat kita rubah ukurannya serta letaknya dengan metode drag and drop. Selain itu pengguna juga dapat memilih warna tile sesuai keinginan.




NFC dan Mobile Wallet
Microsoft kini menyuntikkan dukungan chip NFC untuk WP8 yang akan dipakai sebagai dasar bagi penyediaan jasa pembayaran mobile wallet bertajuk Microsoft Wallet Hub. Dengan Microsoft Wallet Hub, pengguna dapat menggunakan kupon digital, loyalty cards and pay, tap to pay dan yang lainnya.



Integrasi Skype
Meski aplikasi Skype untuk WP8 tidak disematkan langsung ke dalam ponsel, namun pengguna dapat mendownload Skype dari store dan melakukan panggilan melalui Skype sama seperti melakukan panggilan telepon biasa. Seluruh fitur dan notifikasi yang diterima akan terlihat sama dengan panggilan telepon biasa.


Internet Explorer 10
Fitur kunci lain yang akan didapatkan pengguna adalah kehadiran browser Internet Explorer 10 yang juga hadir untuk platform PC Windows 7 dan Windows 8. IE 10 pada WP8 dibekali dengan phishing filter dan SmartScreen Application yang berfungsi untuk melindungi pengguna dari kemungkinan serangan phishing serta malicious software.



Slot MicroSD Card
Dengan hadirnya slot MicroSD Card ke ponsel WP8, pengguna kini dapat mentransfer data dari PC ke ponsel atau sebaliknya. Disamping itu kita juga dapat menginstal aplikasi ke MicroSD Card sehingga dapat menghemat ruang memori internal ponsel.

Dukungan Prosesor Multicore
Sengitnya persaingan platform smartphone, membuat Microsoft selalu waspada dengan iOS dan Android yang telah mampu menghadirkan perangkat dengan prosesor multicore ke pasar. Jika pada Windows Phone 7 hanya mendukung prosesor single core, maka untuk WP8 pengguna bisa memilih perangkat yang dibekali dengan prosesor dual core, quad core bahkan hingga 64 core sekalipun. Wuzzz...!



Dukungan Layar HD720p
Trend smartphone yang menghadirkan layar dengan dimensi yang lebih lebar serta gambar yang lebih jernih ditanggapi oleh Microsoft dengan mengumumkan dukungan WP8 terhadap ponsel beresolusi WVGA (800x480), WXVGA (1280x768) serta HD720p (1280x720).

Kelengkapan Kamera
Dari sisi kamera, Microsoft memamerkan fitur barunya, antara lain screenshot, flash, Bing Vision, CNN iReport, FXSuite, Blink dan Photosynth. Dengan Bing Vision, kita dapat mengetahui informasi obyek yang tertangkap kamera. Sementara dengan Photosynth kita dapat mengambil foto dalam mode panorama 360 derajat. Selain itu, Microsoft juga menyertakan aplikasi Sky Drive yang secara otomatis akan membackup foto ke akun Sky Drive kita.

Source : diolah dari berbagai sumber