11 February 2013

HDMI (High Definition Multimedia Interface)


HDMI (High Definition Multimedia Interface) merupakan teknologi industri yang menjadi standar untuk menghubungkan peralatan high definition (HD) dari TV-HD seperti LCD dan LED TV atau komputer pribadi ke kamera, camcorder, tablet, Blue-ray player, konsol game dan smartphone. Dan hampir semua perangkat lain yang mampu mengirim atau menerima sinyal HD. Pendiri HDMI adalah beberapa perusahaan elektronik terkemuka, seperti Hitachi, Panasonic Corporation, Philips, Sony, Technicolor, Toshiba, dan Silicon Image. Spesifikasi HDMI telah dilisensi oleh lebih dari 1.200 perusahaan dan merupakan fitur standar pada banyak produk elektronik.


Teknologi HDMI mampu memberikan tampilan sejernih kristal, baik digital audio dan video melalui kabel tunggal. Teknologi HDMI secara dramatis mampu menyederhanakan fungsi kabel dan membantu menyediakan konsumen pengalaman HD berkualitas tinggi. HDMI mampu mentransmisikan semua standar HDTV ATSC dan mendukung 8 channel, 192 KHz, digital audio terkompresi dan semua format kompresi yang tersedia. Lalu apa saja sebenarnya kelebihan HDMI dibandingkan antarmuka video analog seperti komposit, S-Video dan video komponen ?



Secara kualitas karena HDMI adalah digital interface, ia menyediakan kualitas terbaik dari video karena tidak ada lossy analog untuk konversi digital seperti yang diperlukan untuk semua koneksi analog (komponen atau S-Video). Perbedaannya terlihat pada resolusi yang lebih tinggi seperti 1080p. Video digital akan tampil lebih tajam dan jernih serta meminimalkan cahaya berlebih dibanding sistem analog. Untuk kemudahan penggunaan, HDMI menggabungkan audio video dan multi channel ke dalam kabel tunggal, menghilangkan kompleksitas dari beberapa kabel seperti yang digunakan pada A/V System. HDMI juga mendukung komunikasi dua arah antara sumber video (pemutar DVD) dan DTV, memungkinkan fungsi baru seperti konfigurasi otomatis dan one touch play. Dengan menggunakan HDMI, perangkat secara otomatis memberikan format yang paling efektif (misalnya 480p vs 720p, 16:9 vs 4:3). HDMI juga mendukung HDCP yang memiliki akses ke konten HD premium dan HD Content Ready.


Berikut beberapa versi dari HDMI :
* HDMI 1.1 : Dukungan untuk Audio DVD.
* HDMI 1.2 : Dukungan untuk format One Bit Audio, seperti Super Audio CD DSD (Direct Streaming Digital).
* HDMI 1.3 : Memiliki fitur-fitur seperti :
  • Higher Speed : mampu meningkatkan single bandwidth mencapai 340 MHz (10,2 Gbps) untuk mendukung perangkat HD masa depan, seperti resolusi yang lebih tinggi, kedalaman warna dan frame rate tinggi.
  • Deep Color : mendukung kedalaman warna 10 bit, 12 bit dan 16 bit (RGB atauYCbCr).
  • New Mini konektor : dengan perangkat portabel kecil seperti camcorder HD dan kamera masih menuntut konektifitas tanpa batas ke HDTV, HDMI 1.3 menawarkan bentuk baru yang lebih kecil.
  • New HD Lossless Format Audio : selain mempunai kemampuan untuk mendukung digital audio terkompresi dan format seperti Dolby® Digital dan DTS®, HDMI 1.3 juga memiliki dukungan tambahan untuk kompresi format audio digital Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio™.



3 comments:

  1. di Mangga dua banyak gan kabel HDMI plus converternya

    ReplyDelete
  2. cari aja di toko kompter n elektronik terdekat dg rumah agan :)

    ReplyDelete