06 March 2013

Sistem Operasi Baru Smartphone

Perang sistem operasi smartphone tahun 2013 ini makin memanas. Pemicu utamanya adalah makin inovatif dan terus berkembangnya teknologi ponsel. Versi update dari masing-masing sistem operasi pun turut andil dalam mendorong pertumbuhan smartphone, seperti Android 4.2 (Jelly Bean), BlackBerry 10, iOS 6 dan Windows Phone 8. Namun ada beberapa sistem operasi baru yang akan hadir di tengah-tengah kita, diantaranya :


TIZEN
Sistem operasi Tizen merupakan hasil kolaborasi Samsung dengan Intel. Intel memutuskan mengembangkan Tizen setelah OS MeeGo yang mereka kembangkan bersama Nokia mandeg di tengah jalan. Tizen berbasis open source seperti Android. Selain untuk smartphone, platform baru ini juga diperuntukkan bagi komputer tablet, SmartTV sampai sistem hiburan di kendaraan. Samsung akan merilis ponsel Tizen tahun 2013 ini sebagai alternatif Android.


SAILFISH
Sejumlah mantan pegawai Nokia tak puas karena perusahaan asal Finlandia itu meninggalkan OS MeeGo dan memilih Windows Phone. Mereka pun berinisiatif mendirikan perusahaan sendiri bernama Jolla untuk melanjutkan perkembangan MeeGo. Jolla pun memperkenalkan OS baru yang bernama Sailfish. Kabarnya, Jolla Sailfish akan kompatibel dengan beberapa aplikasi Android. Pengembang Jolla mengatakan bahwa Sailfish OS akan menerapkan konsep open source. Jadi para produsen ponsel semisal Samsung, Nokia dan lainnya bisa mendapatkan lisensi dan menggunakan Sailfish OS di produk mereka. Sailfish dikembangkan juga untuk tablet PC, komputer, televisi, dan gadget di kendaraan.




UBUNTU
Awal tahun 2013, Canonical-perusahaan di balik distribusi Ubuntu-secara resmi memperkenalkan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone. Pendiri Canonical, Mark Shuttleworth, langsung mendemokan sistem operasi baru ini di markas besarnya di London, Inggris. Mark mengklaim bahwa Ubuntu punya interface lebih bersahabat dari seluruh sistem operasi ponsel saat ini. Melalui sebuah video ia memamerkan mudahnya pengguna mengakses aplikasi favorit, mencari file, bernavigasi, hingga sistem notifikasi yang informatif. Apalagi di dukung toko aplikasi mereka yang bernama Ubuntu Software Centtre.


FIREFOX OS
Mozilla tak mau ketinggalan mengembangkan sistem operasi mobile baru yang dinamakan Firefox OS. Dengan dukungan beberapaperusahaan telekomunikasi besar, Firefox OS diklaim akan menantang kedigdayaan Android dan iOS di iPhone. Gary Kovacs selaku Chief Executive Mozilla Corp, meyakini Firefox OS masih punya peluang di tengah sesaknya pasar OS mobile. Terlebih platform ini disediakan secara gratis berdasarkan pada standar web terbuka dan aplikasinya dikembangkan dengan teknologi HTML5.