22 March 2013

Tren Teknologi 2013

Selain perang sistem operasi mobile, Information and Communication Technologies (ICT) juga akan berkembang pesat di tahun 2013 ini. Beragam lembaga survey memprediksi, tren teknologi ini akan mempengaruhi perekonomian secara massif dan berdampak pada semua sektor kehidupan. Menurut Gartner Inc., salah satu badan riset teknologi menyatakan setidaknya ada beberapa tren strategis tentang perkembangan IT di tahun ini, diantaranya :
Mobile Application and HTML5
Berkembangnya sistem operasi mobile serta menjamurnya smartphone, menjadi angin segar bagi para developer aplikasi. Kedepannya, integrasi antara konsumen dengan aplikasi lembaga atau institusi makin optimal. Dari keseluruhan arsitektur mobile, HTML5 lah yang paling populer. Hal ini sesuai dengan pergeseran tren dari native apps ke web apps. Pihak pengembang aplikasi makin giat mengoptimalkan touch mobile application yang dapat berjalan di semua platform.
Personal Cloud
Sepanjang tahun 2011 dan 2012, cloud computing terus mengalami perkembangan yang signifikan. Berbagai perusahaan pun sudah mulai menerapkan teknologi penyimpanan awan ini. Di tahun 2013 ini, personal cloud akan menggantikan peran PC dalam keseharian kita. Selain itu, pergeseran layanan yang diberikan oleh vendor juga akan meramaikan pasar personal cloud dari yang sebelumnya fokus pada client device, kini menjadi cloud-based services delivered accross devices.



Enterprise Application Stores
Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan layanan mobile working process, yang memungkinkan karyawan untuk mengakses layanan perkantoran/pekerjaan secara remote menggunakan perangkat mobile. Tren ini memunculkan istilah Bring Your Own Device (BYOD) yang akan berekskalasi di tahun 2013. 
Internet of Things
Internet of Things (IoT) adalah konsep yang menjelaskan perkembangan internet menjadi item fisik seperti perangkat konsumen dan aset fisik yang terkoneksi ke internet. Elemen utama dari IoT adalah variasi layanan item di perangkat mobile, seperti sensor, teknologi pengenal gambar, dan pembayaran NFC. Berkembangnya internet menjadikan perangkat mobile tidak lagi hanya sebatas dimanfaatkan untuk komunikasi melalui layanan suara saja, tetapi telah mengarah pada pemanfaatan NFC, Bluetooth, WiFi, dan LTE.
Big Data Strategy
Layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, menyebabkan analisa big data cukup populer dibicarakan di kalangan pemerhati IT. Kedepannya, big data tidak hanya fokus pada proyek individual, tetapi akan berpengaruh bagi arsitektur strategi informasi perusahaan. Realisasinya adalah konsep dari single enterprise data warehouse menjadi strategi TI perusahaan. Single enterprise data warehouse ini sendiri berkembang karena perusahaan harus berurusan dengan volume, variasi, kecepatan, serta kompleksitas data yang tidak dapat diolah oleh pendekatan tradisional.

Ecosystem Integrated
Di tahun 2013 ini terdapat 3 jenis tren yang akan muncul, yaitu :
1. Kombinasi hardware dan software serta software dan software yang fokus pada pengembangan infrastruktur dan aplikasi proses kerja perusahaan.
2. Cloud-based marketplaces yang bertujuan untuk memfasilitasi pembelian, konsumsi, serta penentuan penggunaan vendor tertentu secara real time.
3. Berbagai penyedia layanan akan memiliki kemudahan pengendalian pemanfaatan aplikasi oleh pengguna itu sendiri.

Secara umum, tren teknologi IT di tahun 2013 ini lebih fokus pada layanan mobile dan personal computing.