30 August 2013

Wireless Charging

Pernah nggak Anda mendengar tentang Wireless Charging ? Mungkin timbul pertanyaan dalam benak Anda, sejenis apakah teknologi ini. Wireless Charging adalah fitur yang saat ini cukup banyak terlihat pada smartphone high-end dan beberapa diantaranya berkategori premium. Sejatinya dua kelompok besar, yakni Power Matters Alliance (PMA) dan Wireless Power Consortium, sedang membuat standar charging yang akan diadopsi secara luas oleh industri. Hal ini erat kaitannya dengan beberapa merek besar dan terkenal seperti Google, Samsung, HTC, LG, BlackBerry dan ZTE.


Qi adalah standar global untuk wireless charging. Dengan Qi Anda tidak lagi harus membawa pengisi daya terpisah untuk setiap perangkat Anda. Ambil perangkat Qi-enabled Anda, dan Anda cukup menemukan charging station terdekat ketika perangkat Anda dalam kondisi lemah baterai. Kedepannya, Qi charging station akan ada dimana-mana seperti halnya hotspot Wi-Fi. Saat ini Qi menjadi standar dan diterapkan di beberapa smartphone Nokia Lumia. Secara garis besar, teknologi WiPower dari Qualcomm juga mengadopsi teknologi ini. Anda dapat secara bersamaan mengisi berbagai perangkat elektronik seperti ponsel, kamera digital, game controller, dan alat-alat listrik tanpa harus mencolokkannya di charger bawaan.



Cara kerja wireless charging adalah dengan menggunakan medan elektromagnetik untuk mentransfer energi antara dua benda. Hal ini dilakukan dengan sebuah alat bantu yang disebut charging station. Energi dikirim melalui kopling induktif ke perangkat listrik, yang kemudian dapat menggunakan energi itu untuk mengisi baterai atau menjalankan perangkat tertentu.

Adapun keuntungan penggunaan wireless charging diantaranya : menurunkan resiko terhadap listrik atau korslet di saat penggunaan, tidak adanya korosi pada perangkat, dan kenyamanan dalam penggunaan karena ditempatkan pada stand/station. Sedangkan kelemahannya adalah : efisiensi lebih rendah sehingga panas meningkat, butuh waktu lebih lama dibandingkan pengisian tradisional, dan perangkat tidak mudah dipindah atau dioperasikan saat pengisian.