06 September 2013

MHL (Mobile High-Definition Link)

Mobile High-Definition Link (MHL) merupakan standar industri untuk audio/video interface yang memungkinkan konsumen untuk menghubungkan ponsel dan perangkat elektronik portabel Consumer Electronic (CE) dan menampilkannya ke televisi definisi tinggi (HDTV). Standar MHL mendukung hingga resolusi 1080p/60 video definisi tinggi (HD) dan audio surround sound 7.1 sekaligus lakukan pengisian terhadap perangkat yang terhubung.


Produk MHL-enabled termasuk adapter, AV receiver, Blu-ray Disc player, DTVs, monitor, proyektor, smartphone, tablet, aksesori TV dan banyak lagi. MHL sedang dikembangkan oleh MHL Consortium yang terdiri dari perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia, seperti Sony, Samsung, Nokia, Silicon Image dan Toshiba. Pada awal 2013, MHL mengumumkan bahwa sejak diperkenalkannya perangkat MHL-enabled pertama 2 tahun lalu, ekosistem MHL terus tumbuh dengan lebih dari 220 juta produk saat ini.


Dengan MHL transmitter dari Silicon Image, perangkat mobile dapat melakukan lebih dari sekedar streaming audio dan video ke televisi. Pengguna dapat menelusuri konten multimedia pada perangkat mobile dengan menggunakan remote HDTV, termasuk browsing melalui gambar, mendengarkan musik, menjalankan aplikasi, atau streaming konten online dari situs seperti YouTube melalui 3G atau jaringan 4G. Untuk televisi, Silicon Image telah mengembangkan chip MHL-to-HDMI untuk menghubungkan perangkat MHL-enabled ke televisi menggunakan koneksi yang ada.

Implementasi MHL pada perangkat selular termasuk smartphone menggunakan berbagai jenis koneksi, diantaranya :

# 5 pin MHL-HDMI Adapter/Dongle
Ini merupakan implementasi pertama menggunakan koneksi mobile paling populer (micro USB) dan koneksi TV yang paling populer (HDMI). Secara eksklusif sinyal MHL disalurkan melalui konektor dan melalui kabel.

# 11 pin MHL-HDMI Adapter/Dongle
Konektor ini mendukung penggunaan USB dan MHL secara bersamaan. Samsung Galaxy S III dan Galaxy Note II menggunakan jenis koneksi ini. Produk Samsung terbaru yang menggunakan 11 pin MHL-HDMI adapter juga memiliki port USB On The Go.


Beberapa smartphone yang menggunakan koneksi MHL antara lain Acer CloudMobile, HTC One X, HTC Butterfly, Huawei Ascend P1, Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z dan LG Optimus G Pro.