30 October 2013

Isocell - Sensor Kamera Masa Depan Samsung

Saat ini produsen smartphone terlihat cukup antusias bersaing untuk menghadirkan hasil foto terbaik di produknya.Tidak hanya menawarkan kinerja cepat dan spesifikasi tinggi, saat ini smartphone premium lebih menonjolkan sektor kamera. Samsung jadi salah satu yang agresif lewat Galaxy S4 Zoom. Produsen asal Korea selatan ini masih belum puas dan baru saja mengungkap teknologi sensor kamera ponsel terbaru yang diberi nama ISOCELL. Isocell merupakan sensor gambar CMOS  teknologi pixel terbaru milik Samsung.

Perbedaan gambar antara BSI dan Isocell

Dibanding dengan BSI pixel konvensional, pixel Isocell mengurangi crosstalk sekitar 30% menghasilkan kesetiaan warna lebih tinggi dalam mereproduksi warna asli lebih banyak dan tajam, serta meningkatkan Full Well Capacity (FWC) sebesar 30% lebih besar. Selain itu, sebuah image yang dirancang dengan Isocell, 20% meningkatkan Chief Ray Angle (CRA) untuk mengurangi ketinggian modul kamera. Isocell berfungsi menyempurnakan teknologi FSI (Front Side Illumination) dan BSI (Back Side Illumination) untuk memaksimalkan efisiensi foto listrik.



Seperti kita ketahui, kualitas dari sebuah sensor gambar ditentukan oleh banyaknya cahaya yang bisa ditangkap secara akurat oleh pixel-pixel individu yang ada pada sensor. Sensor Isocell lebih sensitif terhadap cahaya dan mampu menghadirkan warna yang lebih baik, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan prosentase peningkatan Dynamic Range hingga 30%. Kabarnya saat ini sedang diproduksi sebagai sampel untuk pelanggan dengan produksi massal dijadwalkan pada Q4 2013 ini. Apakah sensor Isocell akan digunakan Samsung Galaxy S5 ? Kita tunggu saja ya.. he..he..he..