15 November 2013

Android 4.4 KitKat

Setelah kita mendengarkan para analis tentang OS Android generasi berikutnya, yang sempat disebut-sebut akan diberi nama Keylime, namun terbantahkan sudah. Hal itu karena pada 1 November 2013 yang lalu, Google secara resmi mengumumkan kehadiran Android versi 4.4 yang mengambil nama dagang produk coklat batangan dari Nestle, yaitu KitKat. Bersamaan itu Google juga melepas produk flagship Google Nexus 5 ke pasaran. Lalu fitur apa saja yang dibawa oleh Android KitKat tersebut ? Berikut ini diantaranya :


Smart Caller ID
Di dalam Android, kita bisa mensinkronisasikan daftar kontak dengan tipe akun jejaring sosial apa pun. Mulai dari Facebook, Twitter, Google (Google+,GoogleMail) hingga LinkedIn. Secara sederhana semua kontak akan menampilkan akun-akun mereka di luar nomor telepon. Jika tidak terdaftar, maka Google akan mencari informasi mengenai nomor tersebut untuk menampilkan si pemilik nomor via akun sosial mereka.

Cloud Printing
Pada Android versi 4.4 ini mendukung Google Cloud Printing, dimana kita bisa mencetak dokumen dimanapun kita berada. Google telah membagi protokol (API) untuk developer-developer yang tertarik mengembangkannya lebih lanjut.

Built in InfraRed
KitKat memungkinkan developer atau pun vendor untuk menyertakan IR (Infra Red) karena versi ini mendukung fitur IR Blaster. Fitur ini memfungsikan perangkat Android menjadi remote universal untuk mengontrol televisi, stereo audio system dan perangkat dengan sensor infra merah lainnya.

 

Voice Command
Semua perangkat dengan OS KitKat dapat menikmati perintah suara. Kita tinggal mengaktifkan fiturnya, lalu mengucapkan "OK Google", dan Google Now pun akan muncul di hadapan kita. Kita bisa bertanya tentang kondisi cuaca, arah, jadwal bioskop, hasil skor pertandingan bola dan sebagainya.

Screen Recording
Bila hampir semua smartphone bisa mengambil gambar layar alias screen shot, maka Android KitKat dipastikan bisa merekam pergerakan layar dan apa yang tertampil didalamnya menjadi sebuah file video MP4. Smart kan... ?

Best Performance
KitKat akan berjalan pada ponsel atau tablet dengan RAM hanya512 MB. Secara teori, maka OS ini bisa dijalankan di ponsel-ponsel Android yang muncul beberapa tahun yang lalu. Hal ini dipengaruhi oleh keberadaan tuning cache kode Dalvik JIT, penyatuan Kernel (KSM), swap to zRAM dan optimasi lain yang membantu mengatur penggunaan memori.

Photo Editor
Pada Android KitKat terdapat fitur Photo Editor secara default. Dengan fitur ini kita dapat mengedit tampilan, merubah sudut gambar, saturasi dan menambahkan filter pada hasil foto. Sama dengan milik iOS7, Photo Editor ini tidak bersifat destruktif. Artinya, kita bisa mengembalikan foto yang diedit kembali ke foto normal tanpa menghapus foto asli.

Integrated Hangouts
Sebagai sebuah fitur chat sesama pemilik akun Google, Hangouts pada KitKat dibenamkan fitur baru yang akan mempermudah kita untuk berkirim pesan. Layaknya iMessage di iPhone, secara aktif sistem akan mencoba mengirimkan pesan baik ke nomor telepon sebagai SMS atau ke akun Google dalam bentuk pesan Hangouts.

Complete Sensor
Android KitKat membutuhkan informasi lebih banyak tentang penggunanya. Dengan sebuah sensor yang lebih hemat energi ponsel akan cenderung ingin mengetahui apa yang sedang kita kerjakan dan dimana kita berada.

* diolah dari berbagai sumber