07 December 2013

Pesawat Siluman Kontroversial

Tak ada hal yang menarik dalam dunia kedirgantaraan selain proyek-proyek misterius yang dilakukan oleh negara-negara maju. Salah satunya adalah proyek rahasia pesawat siluman yang keberadannya hingga kini tidak terdeteksi oleh siapa pun, termasuk pejabat tinggi negara yang bersangkutan. Namun ada saja orang yang berusaha membuka tabir kerahasiaan proyek dimaksud dengan mempublikasikannya meski disertai dengan informasi minim. Dan berikut diantara proyek rahasia pesawat siluman yang terekam oleh media :


TR-3A Black Manta
TR (Teledyne Ryan) adalah pesawat siluman dengan reputasi sebagai pesawat pengintai taktis. Black Manta memperkuat armada skuadron pesawat siluman Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Dengan berbagai macam versi dari Manta (3A dan 3B yang bertenaga nuklir), pesawat ini masih misterius hingga saat ini.


A12 Avenger II
A-12 Avenger II didesain dan dibuat oleh McDonnell Douglas dan General Dinamics sebagai pesawat segala cuaca dan pembom carrier yang berbasis siluman untuk US Navy maupun marinir. Pesawat ini dibangun secara rahasia pada tahun 1983 dan mendapat julukan "Flying Dorito", dengan desain sayapnya berbentuk segitiga sama kaki dan kokpit di dekat puncaknya.

 

X-44 Manta
X-44 Manta adalah pesawat rahasia rancangan Lockheed Martin berdasarkan pengembangan dari F-22 Raptor. X-44 pada dasrnya adalah Raptor tanpa sayap vertikal, tapi dengan sayap delta dan vectoring nozzles yang maju sebagai kontrol aerodinamis.


BAE Replica
Inggris pun tak mau kalah dengan AS dalam rangka membuat pesawat siluman. Hal itu diwujudkan dengan dibuatnya Replica sebagai program BAE Systems yang didasarkan pada Sistem Serangan Udara Masa Depan RAF (FOAS). Proyek FOAS dibuat untuk menggantikan Tornado RAF GR4 jet.


Aurora - Pesawat Siluman Hypersonic
Aurora merupakan pesawat siluman rahasia yang paling terkenal di dunia, dan menjadi salah satu temuan paling didambakan dalam sejarah penerbangan manusia. Secara historis pesawat ini dibuat untuk pengganti pesawat siluman tua yang legendaris SR-71 Blackbird.

* Diolah dari berbagai blog militer