27 January 2014

Teknologi Smartphone Masa Depan

Tahun 2013 yang lalu, kita sudah disuguhi berbagai macam teknologi baru di ranah perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet. Mulai dari layar resolusi tinggi 1080p, maraknya smartphone dengan prosesor quadcore, hingga kamera ponsel dengan resolusi super besar yang melebihi ukuran resolusi kamera DSLR. Nah, kira-kira teknologi apa saja yang akan hadir di tahun 2014 ini ? Untuk itu mari kita lihat teknologi terkini yang bakal menghinggapi perangkat mobile sebagaimana yang dilansir situs techspot :


Komputasi 64 bit
Saat Apple meluncurkan iPhone 5s tahun lalu, prosesor yang digunakan adalah A7 SoC yang merupakan chip ARM 64 bit pertama yang disematkan pada sebuah smartphone. Langkah ini diyakini akan membuat kompetitor untuk berlomba-lomba menyediakan smartphone maupun tablet berprosesor 64 bit tersebut.
Buktinya, bulan Desember 2013 lalu, Qualcomm mengumumkan dukungannya untuk komputasi mobile 64 bit dengan merilis Snapdragon 430. Samsung pun tak mau ketinggalan dengan meluncurkan chip Exynos 64 bit. Nvidia Tegra masih belum jelas apakah mengeluarkan jenis prosesor ini atau tidak.

Resolusi layar
Meski sebagian konsumen menyatakan bahwa tidak ada bedanya memandang layar ponsel dengan resolusi 720p dengan 1080p, namun nampaknya tidak menyurutkan pabrikan untuk memproduksi smartphone dengan resolusi layar yang lebih besar. Samsung dan LG sudah menyiapkan smartphone dengan layar ukuran 2560x1440 pixel. Begitu juga dengan tablet, kita akan melihat dengan panel 1080p/WUXGA.



Dukungan LTE
Dengan semakin dekatnya kehadiran jaringan internet 4G, maka produsen smartphone dan tablet pun berlomba-lomba menghadirkan kapabilitas 4G. Maka dari itu, jika Anda ingin up to date, silahkan pilih perangkat yang mendukung jaringan LTE ya. he..he..he..

Prosesor grafis
Nvidia belum lama ini mengumumkan kehadiran prosesor grafis terbaru pada chipset Tegra yang diberi nama Logan. Logan akan tampil bersama mobile GPU Kepler yang memiliki arsitektur sama dengan kartu grafis yang dipakai pada komputer desktop. Konfigurasi ini akan memberikan dukungan kinerja hingga 400 GFLOPS yang setara dengan kinerja Sony Playstation 3!


Lebih banyak sistem operasi
Jika berbicara tentang sistem operasi smartphone, paling hanya Android, iOS, BlackBerry, dan sedikit Windows Phone yang terdengar. Namun di tahun 2014 ini, diramalkan sistem operasi baru akan bermunculan. Sebut saja Firefox, Sailfish, Ubuntu, dan Tizen. Munculnya era komputasi awan (cloud computing) sedikit banyak akan mendorong sistem operasi mobile baru turut ambil bagian dalam perebutan kue OS di smartphone maupun tablet.

Display lengkung
LG memulai langkah dini dengan membesut smartphone dengan layar lengkung bartajuk LG G Flex. Selain itu, Samsung juga membuat smartphone lengkung dengan nama Samsung Galaxy Round. Namun sebenarnya konsumen belum memahami seperti apa fitur yang bakal diadopsi oleh teknologi lengkung tersebut. Tapi satu yang pasti, bentuk layar lengkung diyakini akan membuat smartphone lebih ergonomis dan enak digenggam.

Resolusi kamera
Tren kamera resolusi besar yang diusung Nokia Lumia 1020 tahun lalu nampaknya akan jadi pemicu munculnya ponsel atau smartphone beresolusi besar tahun ini. Fitur yang diprediksi juga bakal jadi "wajib" adalah image stabilizer. Hadirnya tren "selfie" atau memotret diri sendiri juga akan menjadi pertimbangan vendor untuk menghadirkan kamera depan yang lebih baik.

* Diolah dari berbagai sumber