06 February 2014

Mari Mengenal Karakter Orang



Setiap orang tentunya memiliki sifat atau karakter yang berbeda satu sama lain. Pembawaannya, sifatnya, cara memandang sesuatu, gayanya (berpakaian, berbicara, bersikap) dan apa pun yang berhubungan dengan kepribadian lainnya. Untuk itu, saya ingin share dengan Anda semua tentang karakter yang Tuhan berikan kepada kita manusia. Karakter-karakter itu diantaranya :

SANGUINIS
Tipe ini haus akan kasih sayang, perhatian, pujian dan dukungan dari orang lain. Orangnya humoris, emosi cepat berubah dan menyukai warna kuning. Kekuatan Sanguinis adalah selalu ceria dan pandai merebut hati orang lain melalui pesona kepribadian diri. Sedangkan kelemahannya, kurang disiplin dalam segala hal, banyak bicara dan sering mengngkari janji yang pernah dibuatnya.

MELANKOLIS
Melankolis mempunyai rasa empati yang tinggi, analitis, mendalam dan penuh pemikiran. Orangnya serius dan berorientasi pada tujuan yang jelas, sehingga ia cenderung menyukai warna biru. Kekuatan Melankolis adalah selalu mengutamakan kepentingan orang lain dibanding kepentingannya sendiri. Lalu ia konsisten dalam setiap pekerjaan yang diembannya (istiqomah). Adapun kelemahannya, rasa percaya diri yang berlebih sehingga sedikit orang yang suka padanya. Ia selalu menuntut akan kesempurnaan dalam segala hal yang pada akhirnya akan dijauhi oleh orang-orang disekitarnya.



PLEGMATIS
Orang yang dengan karakter Plegmatis memiliki hati yang baik, pribadinya tenang, dan juga penyabar. Disamping itu ia juga santai, mudah bergaul, dan tidak banyak bicara. Warna putih adalah warna kesukaannya yang melambangkan kepribadiannya. Kekuatan tipe ini adalah selalu menerima saran dan masukan dari orang lain untuk perbaikan dirinya. Ia juga memiliki emosi yang stabil dan terukur dalam pergaulannya. Kelemahan Plegmatis ini sulit membuat keputusan, mudah menyerah, dan tidak suka berkomunitas atau berkelompok.

KOLERIS
Koleris merupakan tipe yang selalu optimis dalam segala hal yang dilakukannya. Mudah berkomunikasi dan terbuka dengan orang lain. Memiliki kemauan yang keras yang dilambangkan dengan warna merah. Kekuatannya adalah bisa bertindak cepat dan efektif dalam segala situasi. Aktifitas yang dilakukannya penuh perhitungan, mandiri dan bekerja berdasar fakta dan logikanya. Sedang kelemahan orang tipe ini adalah tidak mau tahu tentang perasaan orang lain, bersikap egois, dan sulit menunjukkan sikap kasih sayang sesama.

Itulah diantara tipe-tipe karakter yang kita kenali dari diri kita. Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa kita ambil darinya.

Sumber : diolah dari berbagai sumber