15 March 2014

Formula E Championship

Eranya sekarang serba hijau, balapan pun mengacu ke sana. Tak terkecuali balapan kasta tertingi di bumi, Formula 1. Bahkan F1 sudah mengaplikasikan beberapa aspek berbau ramah lingkungan, baik dari segi kapasitas mesin yang dipangkas cc-nya, penguranagan fuell hingga penerapan energi alternatif. Kini muncul juga seri balap Formula yang benar-benar zero emission, yakni Formula E Championship. Seri balap single-seater ini siap digelar September 2014 hingga Juni 2015 dan sudah mendapatkan persetujuan dari FIA. Mobil yang dipakai satu spek, yakni SRT 01E yang dipajang di Frankfurt Motorshow, September 2013 lalu.


Mobil Formula E didesain dan dibangun oleh Spark Racing Technology dari Perancis yang bekerjasama dengan konsorsium lain. Sasisnya dikerjakan oleh Dallara, sedangkan McLaren Electronic System memasok motor listrik, gearbox dan elektronik. Ban oleh Michelin dan baterai dibuat oleh Williams Advanced Engineering. Lalu sistem terpadunya dikerjakan oleh Renault. Performa mobil Formula E ini bisa menghasilkan daya 200Kw atau setara 270 hp. Untuk race mode dengan power saving, dayanya 133Kw (180 bhp). Adapun top speednya tak terbatas, tapi FIA membatasi hanya 225 km/jam demi safety pembalap. Sedangkan akselerasi 0-100 km/jam dilibas dalam waktu 3 detuk saja. Wuz..wuz..wuz.. !



Renault SRT 01E sudah beberapa kali diuji coba. Kali pertama digeber oleh test driver Lucas di Grassi di sirkuit Le Ferte Gaucher, Perancis. Meski baru digelar September nanti, peminat FE berjubel. Sedikitnya sudah ada 10 tim yang memastikan ikut. Rencananya, seri Formula E Championship atau disingkat e-Prix diadakan 10 seri yang dihelat di dalam kota. Format lomba dibuat seperti F1, lengkap dengan pit stop. Yang unik, pit stop bukan ganti ban seperti di F1, tetapi langsung ganti mobil. Dan pembalap wajib berlari 100 meter ke tempat mobil pengganti. Kita tunggu saja keseruannya ya... ^_^


Dan berikut Daftar Tim Formula E Championship hingga kini :
Drayson Racing (Inggris) -  China Racing (China) -  Andretti Autosport (AS) -  Dragon Racing (AS)   e.dams (Perancis) - Super Aguri (Jepang) - Audi Sport Abt (Jerman) - Mahindra Racing (India)   Virgin Racing (Inggris) -  Venturi Grand Prix (Monaco).

Sumber : http://ototrend.com