23 March 2014

Pesawat Super Cepat di Jagat

Bagaimana jika kita naik pesawat dengan kecepatan super ? Apa yang ada di pikiran kita saat itu ? Nyaman, takut, khawatir atau biasa-biasa saja. Mungkin menjadi sesuatu yang mengasyikkan sekaligus menegangkan karena kita mengendarai mesin yang melesat lebih dari kecepatan suara. Namun itu semua bukan lah hal yang tak mungkin. Karena saat ini sudah banyak jenis pesawat supersonik yang dibuat manusia untuk memenuhi keinginannya yang beragam. Dan berikut adalah pesawat-pesawat yang memiliki kecepatan super yang ada di dunia :


Space Shuttle
Space Shuttle adalah mesin roket pendorong pesawat ulang alik yang dibuat NASA tahun 1981. Roket pendorong ini memiliki kecepatan 20.000 mil/jam. Sedangkan kecepatan rata-ratanya 17.500 mil/jam.


X-43 A
Pesawat ini dibuat oleh NASA untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti observasi, mata-mata, eksplorasi dan lain sebagainya. X-43 A berhasil memecahkan rekor dunia berkecepatan tinggi pada bulan November 2004, yaitu 7.500 mil/jam.




X-15
Pesawat ini dirancang dan dibangun NASA pada tahun 1959 yang memiliki kecepatan 4.510 mil/jam. Kode "X" menunjukkan bahwa pesawat ini adalah pesawat eksperimental.


SR-71 Blackbird
Pesawat siluman legendaris Amerika Serikat ini didesain oleh Clarence Kelly Johnson pada tahun 1966. Memiliki kecepatan 2.200 mil/jam menjadikan pesawat ini sebagai kartu truf bagi AS untuk menguasai udara.


MiG-25R Foxbat B
Pesawat ini dikenal juga dengan nama Mikoyan-Gurevich yang dibangun Uni Soviet (Rusia sekarang) tahun 1960. Mampu melesat hingga 2.000 km/jam sehingga menjadi pilihan militer udara Al Jazair dan Suriah. Pesawat ini dibuat untuk mengimbangi pesawat buatan AS, yaitu Mack 3.


Sumber : diolah dari berbagai sumber website/blog militer