28 May 2014

Teknologi Komunikasi Berbasis Laser

Laser Communication Demonstration's (LLCD) adalah demonstrasi kepraktisan teknologi komunikasi menggunakan laser bradband untuk komunikasi ruang angkasa dengan kecepatan download lebih besar daripada komunikasi radio konvensional. Dengan kemampuan untuk men-download data ke bumi pada 622 megabit per detik (Mbps) dan upload pada 20 Mbps, LLCD ditransmisikan memecahkan rekor download pada 20 Oktober 2013 lalu. Download tersebut dilakukan dari orbit bulan dengan menggunakan sinar pulsa laser yang diterima kembali oleh stasiun darat LLCD utama di New Mexico (salah satu dari 3 stasiun darat yang didirikan di Amerika Serikat dan Spanyol).


Laser memiliki keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui radio. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah bahwa komunikasi laser memiliki kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar, namun mampu menghasilkan daya lebih kecil. Laser dapat berkomunikasi dengan stasiun bumi di waktu siang hari dan bahkan saat bulan memiliki kurang dari 4 derajat jarak pemisahan dari matahari. Laser ini juga bekerja tanpa adanya kesalahan saat bulan berada dalam kondisi rendah di cakrawala.



NASA mengatakan bahwa uji coba komunikasi teknologi laser ini tidak hanya sukses, tapi LLCD ini mampu mendownload seluruh data library dari pesawat ruang angkasa LADEE dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Yakni mengirimkan beragam informasi ke bumi dengan ukuran gigabyte (GB) hanya dalam waktu di bawah 5 menit. Setelah ujicoba ini NASA akan melanjutkan ke tahap berikutnya yang berupa pengembangan satelit Laser Communications Relay Demonstration (LCRD) yang akan ditetapkan pada tahun 2017 mendatang. Sistem laser ini kan mampu menangani hingga 2.880 Gbps dari orbit geosynchronous sebagai bagian dari lima tahun demonstrasi.

Teknologi komunikasi laser ini akan menggantikan teknologi radio yang telah lama digunakan dalam komunikasi luar angkasa. Dan bukan tidak mungkin jika teknologi ini ke depannya berhasil, maka teknologi ini juga akan diterapkan pada teknologi informasi dan komunikasi konvensional di bumi yang selama ini kita gunakan. Semoga...

* Diolah dari berbagai sumber