02 July 2014

AMARG - The Boneyard

309th Aerospace Maintenance And Regeneration Group (AMARG) atau yang dikenal dengan nama The Boneyard adalah markas Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), penyimpanan rudal dan pemeliharaan fasilitas militer yang ada di Tucson, Arizona. AMARG menangani lebih dari 5000 pesawat yang membuatnya menjadi pusat penyimpanan dan fasilitas perawatan terbesar pesawat di dunia. AMARG awalnya dimaksudkan untuk menyimpan kelebihan pesawat Dephan AS dan Coast Guard. Namun pada akhirnya seluruh cabang kemiliteran AS dimasukkan ke fasilitas ini dibawah kendali The 309 Maintenance Wing di Hill Air Force Base, Utah. Dan berikut foto-foto di AMARG :

Sepanjang hamparan gurun yang terlihat hanya pesawat bak semut berkerumun :)


 Mana ujung dan pangkalnya ya ?! ^_^

Sejauh mata memandang beginilah kira-kira adanya
 


Dari tempat inilah TNI AU RI akan mendatangkan pesawat F-16 C/D Fighting Falcon Block 25 upgradable sebanyak 24 unit yang datang secara bertahap mulai akhir Juli ini. Pesawat legendaris F-16 yang diterima Indonesia melalui hibah ini adalah pesawat eks-US National Guard Air Force (semacam garda cadangan militer AS). Khusus untuk Indonesia, nantinya F-16 C/D ini mempunyai nama F-16 C/D Fighting Falcon Block 52ID (Indonesia).

 Inilah pesawat yang nantinya dimiliki TNI AU

F-16 A/B Fighting Falcon Block 10/15 OCU saat ini

Dengan demikian pesawat ini telah diremajakan dari berbagai macam sisi, mulai dari mesin, komponen, dan persenjataannya. Bahkan setelah di-upgrade, pesawat canggih ini bisa dilengkapi berbagai macam rudal dan senjata, seperti AIM-9 Sidewinder, IRIS-T, AIM-120 AMRAAM-C maupun rudal standar AGM-65 Maverick, AGM-84 Harpoon, AGM-88 HARM dan juga kanon Vulcan 20 mm. Lalu juga bisa membawa bom semisal LGB (Laser Guide Bomb) dan JDAM (Joint Direct Attack Munition). Dengan demikian semakin berbahaya kan F-16 kita ?!