04 December 2014

5 Teknologi Dalam Pendidikan

"Pendidikan adalah investasi masa depan". Begitulah ungkapan yang sering kita dengar apabila menyangkut dunia pendidikan. Kalimat tersebut  merupakan motivasi bagi kita untuk mempersiapkan masa depan agar lebih baik dan dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menghadirkan teknologi pembelajaran dan pendidikan dalam kelas. Beberapa dari kita sudah ada yang melaksanakannya dari dulu, tapi sebagian lainnya akan memulai di hari yang akan datang.
Dan berikut 5 teknologi yang dipilih oleh dunia pendidikan tersebut :


Cloud Computing
Dengan menggunkan perangkat berbasis web, siswa dan guru dapat berkolaborasi secara online. Materi pembelajaran dapat disampaikan melalui media online seperti email maupun jejaring sosial semisal Facebook, Twitter, atau pun Instagram. Bisa juga menggunakan cloud storage semacam Google Drive, OneDrive maupun Dropbox. Salah satu daya tarik terbesar komputasi awan adalah menghemat biaya dan sumber daya sekolah.

Mobile Technology
Potensi pengembangan teknologi perangkat bergerak, baik ponsel maupun tablet sangat besar. Aplikasi mobile pun semakin banyak dibuat untuk kemudahan belajar bagi masyarakat umumnya, dan siswa atau guru khususnya. Ribuan program dan fitur ditawarkan untuk mediasi antar pihak yang membutuhkan.



Open Content
Teknologi yang sudah ada ini dikembangkan lebih jauh untuk mengakomodir kebutuhan pengguna. Layanan yang diberikan pun bersifat terbuka dan gratis, bisa dimanfaatkan bersama. Dan nantinya konten pun tersedia dimana-mana. Kita tinggal menggunakannya secara bebas. Sekolah tentunya juga akan punya tanggungjawab sosial untuk berbagi konten kepada masyarakat luas.

Learning Analytics
Analisis belajar ditujukan untuk memanfaatkan kemajuan dalam data mining, interpretasi dan pemodelan untuk meningkatkan pemahaman belajar mengajar. Bagaimana data diproses dan dihasilkan, interpretasi yang dibuat, dan juga model apa yang sesuai dengan kondisi siswa maupun guru serta sekolah yang dimaksud. Dengan begitu, analisa yang dibuat dapat dijadikan acuan bagi proses pembelajaran di kemudian hari.


Personal Learning Environment
Personal Learning Environment (PLE) itu bukan hanya sebuah teknologi, tetapi sebuah proses atau pendekatan yang bersifat individual dengan desain tertentu. Dengan demikian hasilnya nanti akan berbeda-beda atara satu orang dengan yang lainnya. Dengan mengadopsi PLE, maka akan terjadi pergeseran sikap terhadap teknologi, pembelajaran maupun pengajaran.

Source : nmc.org dan sumber lainnya yang berhubungan dengan pembelajaran dan pendidikan.