26 January 2015

Manfaat Media Sosial

Sudahkah Anda punya akun media sosial ? Apa yang bisa Anda lakukan dengan media sosial itu ? Mungkin itu adalah diantara pertanyaan yang kerap terbersit dalam ingatan kita. Atau mungkin kita sendiri malah nggak ngerti apa itu media sosial. hehehe.... (siapa tau ajah... ! ). Berbagai hal dapat kita share dengan orang lain di sana. Mulai dari pengalaman pribadi, hal-hal unik dan menarik, hiburan, perjalanan wisata dan hal-hal lainnya. Dan mungkin bisa jadi dengan memanfaatkan media sosial tersebut dapat menggugah semangat orang lain untuk lebih bisa memaknai hidup dan kehidupan.


Meski sisi negatif kerap terjadi akibat penggunaan jejaring sosial ini, namun tidak ada salahnya kalau kita ambil sisi positifnya untuk pembelajaran bagi generasi yang akan datang. Karena biar bagaimanapun, sejarah tentu akan mereka temui nantinya. Dan berikut diantara manfaat penggunaan media sosial dalam kehidupan kita.

Memperluas jaringan pertemanan dan mempermudah komunikasi
Dengan memanfaatkan jejaring sosial, maka siapa saja bisa saling berkomunikasi dan memperluas jaringan pertemanannya meski mereka tidak bertemu langsung. Dengan begitu mereka dapat mendiskusikan segala hal yang sifatnya positif untuk komunitas yang mereka bangun. Mulai dari komunitas antar sekolah, antar pekerjaan, hobby, dan lainnya.

 
Sarana untuk berbagi karya dan mengekspresikan diri
Biasanya kita merasa malu ya untuk memamerkan hasil karya kita ? Namun seiring datangnya jejaring sosial, maka kita dapat membagikan karya kita baik dalam bentuk tulisan, gambar, lukisan, foto ataupun yang lainnya lewat media tersebut. Narsis atau selfie istilahnya sekarang... hehehe....
 
Media promosi
Kita dapat membuat akun-akun jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, BBM, Line dan yang lainnya untuk mempromosikan produk, jasa atau brand (merek) agar lebih dikenal masyarakat. Saat ini nampaknya konsumen lebih memanfaatkan sarana promosi online lewat media sosial dibandingkan dengan sarana promosi tradisional, seperti brosur, katalog, spanduk dan lainnya.
Itulah sebagian dari manfaat yang didapatkan dari media sosial. Semoga dengan semakin majunta teknologi internet, kita pun bisa mengambil manfaat dari teknologi yang dibawanya termasuk media sosial ini. Mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca semuanya.