27 March 2015

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Bila Anda mempunyai smartphone Android dengan processor dan RAM pas-pasan, tentunya Anda akan merasakan smartphone Anda menjadi lemot bin lelet alias lambat. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan perangkat tersebut. Untuk itu berikut beberapa cara untuk mempercepat kinerja smartphone Android :


Uninstall aplikasi yang tidak perlu/tidak pernah dipakai
Hapus/disable atau uninstall aplikasi yang sekiranya tidak pernah Anda gunakan. Karena mungkin Anda tidak tahu bahwa meski jarang digunakan, aplikasi yang terinstal tetap berjalan di background smartphone Anda. Sehingga sumber daya smartphone, seperti RAM dan space SD Card Internal tetap digunakan yang akibatnya kerja smartphone menjadi berat/lemot.

Batasi atau disable background data
Sebagaimana kita ketahui, akun Facebook, Twitter, Gmail, YouTube dan aplikasi lain yang sejenis akan melakukan sinkronisasi data dengan internet secara periodik. Hal tersebut disamping akan menguras baterai dan kuota internet Anda, juga akan membebani smartphone Anda. Cara terbaik adalah menon-aktifkan sinkronisasi tersebut jika memang Anda tidak perlu membutuhkannya melalui menu Settings/Pengaturan.


Update aplikasi
Pengembang aplikasi Android selalu berusaha untuk mengubah aplikasi mereka agar menjadi lebih stabil, hemat penggunaan memori, dan memperbaiki bug pada aplikasi yang dimaksud. Oleh karena itu sangat penting bagi pengguna untuk meng-update aplikasi secara berkala dengan harapan kinerja smartphone Anda menjadi lebih baik.

Gunakan user interface sederhana dan hapus widget atau shortcut yang jarang digunakan
User Interface (UI) atau Launcher memakan cukup banyak sumber daya smartphone Anda. Memang dengan launcher yang beragam dan menarik, akan membuat tampilan smartphone Anda lebih memanjakan mata. Akan tetapi itu semua membuat RAM jadi boros. Begitu juga jika banyak widget atau shortcut yang terpasang di layar depan (desktop) smartphone. Penggunaan RAM pun akan semakin besar dan bebannya juga berat.

Non-aktifkan animasi dan bersihkan cache aplikasi
Menon-aktifkan animasi dapat dilakukan melalui menu developer option, non-aktifkan windows animation scale, transition animation scale, animator duration scale. Bisa juga menon-aktifkan fitur live wallpaper pada smartphone Anda. Nah, seiring berjalannya waktu, aplikasi yang kita gunakan akan menyimpan cache pada media penyimpanan smartphone. Oleh karena itu kita perlu menghapus cache aplikasi tersebut agar tidak membebani suber daya smartphone kita. Bisa kita instalasikan aplikasi tambahan seperti App Cache Cleaner, Clean Master, AVG Cleaner dan lain-lain.

Gunakan program LEM BIRU
Jika cara-cara tersebut diatas belum bisa menyelesaikan masalah smartphone Anda yang lemot, maka saatnya Anda gunakan program LEM BIRU, LEMpar dan BelI yang baRU. hehehe....
Ganti smartphone Anda dengan smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi dan dukungan teknologi terkini.


Source : situs carapedi.com dan media lainnya