29 June 2015

Menikmati Keindahan Siberia

Siberia adalah wilayah luas yang terletak di Rusia. Wilayah Siberia memanjang ke timur dari Pegunungan Ural hingga Samudera Pasifik dan ke selatan dari Samudera Arktik ke perbukitan Kazakhstan bagian utara-tengah serta perbatasan Mongolia dan Cina. Kota terbesar di Siberia adalah Novosibirsk dengan populasi 1.5 juta jiwa. Disamping itu di wilayah ini terdapat kota terdingin di bumi, yaitu Oymyakon dengan suhu terendah -71.2  °C.

Dan berikut diantara keindahan alam Siberia yang merangsang kita untuk mengunjunginya :


Danau Baikal
Danau Baikal adalah danau terdalam dan danau tertua di dunia dan terbanyak air tawarnya di bumi. Danau ini dikenal juga sebagai "Mata Biru Siberia" karena kejernihan airnya.
 

Dataran Tinggi Putorana
Dataran tinggi Putorana merupakan lanskap utara klasik yang memiliki taiga, tundra, dan gurun Arktik sekaligus. Putorana tidak dihuni oleh manusia, tetapi dihuni oleh hewan dan tumbuhan khas Arktik.
 

Pegunungan Altai
Pegunungan Altai sering disebut sebagai tempat lahir nenek moyang Bangsa Turki. Di pegunungan Altai terdapat taiga, padang, cekungan danau, lembah, dan padang rumput pegunungan. Disini hidup sebanyak 70 spesies mamalia unik dan 300 spesies burung khas pegunungan.


 
Gurun Chara
Gurun Chara merupakan gurun pasir besar yang otentik, dikelilingi oleh taiga, sungai berarus kencang, serta gunung yang terisolasi. Gurun ini ada kalanya tertutup salju yang turun sebelum akhirnya diterpa sang mentari yang akan menambah keindahannya.
 
Taman Nasional Ergaki
Taman nasional Ergaki adalah salah satu tempat yang tercantik di Siberia. Taman ini berada di wilayah Krasnoyarsk, Pegunungan Sayan Barat dengan pemandangan yang mengesankan. Mulai dari air terjun, berenang di danau es, api unggun di tengah hutan pinus, maupun menikmati keindahan taiga yang subur.
 
Trans Siberia Express
Jalur kereta Trans Siberia bisa dianggap sebagai jalur kereta terpanjang di dunia (9.289 km). Dengan naik kereta ini kita bisa menyaksikan keindahan alam Siberia, mulai dari pemandanagan kota Irkutsk, danau Baikal, hingga titik tertinggi rute ini, Yablonovy Pass.