19 December 2015

Prediksi Industri Smartphone 2016


Tahun 2015 sebentar lagi berakhir, dan perhatian kita akan tertuju kepada hal-hal baru yang lebih segar di tahun mendatang yang mungkin membawa perubahan pada teknologi mobile dan juga industrinya. Beberapa pengamat dan produsen telah memberikan gambaran tentang produk-produk yang sarat dengan teknologi tinggi dan terbaru di tahun depan. Baik itu lewat laporan triwulan, bocoran gambar, paten, atau prediksi para analis. Dan berikut diantara perkembangan teknologi pada industri smartphone tahun 2016 nanti :

Layar 4K
Smartphone berlayar 4K sudah menjadi kenyataan. Sony Xperia Z Premium contohnya, mampu memproduksi konten beresolusi 4K pixel, meski resolusi 1080p (Full HD) cukup tajam untuk penggunaan sehari-hari saat ini. Dengan demikian, sangat mungkin akan bermunculan handset berlayar 4K dari Samsung, LG, Xiaomi, Microsoft, dan vendor lain di 2016.

Pemindaian Mata
Sensor biometric akan terus eksis di smartphone. Setelah pemindai sidik jari dalam sistem keamanan mobile, Microsoft memperkenalkan sistem keamanan lewat retina mata yang dinamakan Windows Hello. Dan ini diperkirakan akan menjadi ternding paket keamanan smartphone hi-end 2016. Namun hal ini bukan berarti pemindaian sidik jari akan hilang, tetapi pemindai retina memiliki potensi untuk digunakan secara nyaman dan aman.

 
Asisten Mobile
Ibarat sekretaris pribadi, Google Now, Apple Siri, dan Microsoft Cortana telah menjadi "makhluk hidup" yang siap sedia setiap saat untuk melayani Anda dalam menyajikan informasi kontekstual ketika Anda butuhkan. Apple, Google, dan Microsoft diprediksi akan memperluas fungsi proaktif asisten pribadi tersebut menjadi lebih halus, daya komputasi meningkat tajam, lebih ramah dan mudah digunakan, sehingga pengguna akan nyaman dalam berinteraksi dengan gadget maupun orang lain.

Sistem Pembayaran Mobile
Sejak Apple memulai debut Apple Pay, sistem transaksi mobile dengan pemindai sidik jari sebgai keamanan, pesaing di ranah Android tak mau ketinggalan. Samsung pun tergoda dengan memunculkan Samsung Pay yang saat ini masih tersedia di Korea Selatan dan Amerika Serikat. Kemudian Google mengimplementasikan keamanan sidik jari dan antarmuka pembayaran mobile ke Android Marshmallow. LG juga ikut-ikutan meluncurkan LG Pay.

USB Type C
Port USB Type C mulai muncul pada perangkat mobile, tapi diprediksi konektivitas combo ini akan populer di tahun depan. USB Type C akan menggantikan kabel OTG, micro dan mini USB, charger dan koneksi ke layar. Sederhananya, USB Type C adalah USB tercanggih saat ini.

Android dan IoT
Menurut proyeksi perusahaan riset IDC, Android tetap menjadi platform perangkat mobile dan IoT (Internet of Things) yang paling luas hingga lima tahun ke depan. Sistem operasi besutan Google ini siap untuk mempertahankan kepemimpinannya. Sementara iOS akan mendapatkan kemitraan dengan operator yang lebih luas. Lalu Windows dan BlackBerry akan mengalami perubahan besar guna menarik lebih banyak konsumen.

* Sumber : Phonearena