08 February 2016

Dampak Negatif Selfie


Tren selfie tidak hanya melanda kaum selebritis. Dari rakyat biasa hingga presiden pun merasa berhak untuk melakukan selfie. Tengok saja, mulai dari presiden AS, Obama hingga orang-orang biasa foto-fito selfienya dapat dengan mudah ditemukan di internet. Variasi gaya selfiepun juga semakin beragam. Mulai dari ekspresi wajah datar-datar saja hingga selfie menantang bahaya di ketinggian atau tempat-tempat ekstrim. Namun pernahkah Anda bertanya, apa pengaruhnya jika kita sering melakukan selfie ? Well... dan berikut pengaruh negatif selfie sebagaimana diungkap oleh lifehack.org :

Selfie Hanya Menekankan Penampilan Fisik
Akan terlihat indah bukan jika Anda memposting foto yang menunjukkan keramahan, kejujuran, kebaikan, serta hal-hal yang baik di sekitar kita ? Namun tren selfie nampaknya bergerak ke arah lain. Kecantikan, otot yang kekar, mode yang sedang tren, gadget terbaru hingga latar belakang mobil mewah menjadikan selfie kini melulu soal fisik dan materi.

Selfie Beresiko Terhadap Privasi
Facebook saat ini telah menggunakan teknologi pengenalan wajah (Deep Face Project), dan beberapa ahli berpendapat bahwa hal ini adalah illegal. Fitur pengenal wajah ini tentu mengkhawatirkan Anda yang masih konsen dengan masalah privasi atau keamanan pribadi. Teknologi ini tidak hanya dapat mengenali profil orang yang ada di foto, tapi juga membuka ancaman bagi orang lain untuk mengakses informasi secara personal.

 
Selfie Bisa Menyebabkan Kecanduan
Seringkali mencoba untuk mendapatkan foto selfie yang paling sempurna untuk diposting di akun Instagram Anda ? Jangan mencoba terlalu keras, karena bisa menyebabkan Anda kecanduan dan terobsesi. Contoh ekstrim adalah kisah Danny Bowman yang melakukan percobaan bunuh diri. Alasannya dia sudah melakukan foto selfie selama 10 jam sehari (rata-rata 200 selfie sehari) dan tidak ada yang sesuai dengan angan-angannya. Bowman kemudian direhabilitasi dan belajar untuk hidup normal tanpa iPhone-nya.

Selfie Merusak Dunia Nyata Anda
Tahukah Anda bahwa teman sejati Anda akhirnya dapat tidak menyukai Anda ketika Anda memasukkan terlalu banyak foto selfie di sosial media ? Keputusan untuk memasukkan banyak foto diri dapat merusak persahabatan dan hubungan dengan rekan kerja Anda. Ini adalah kesimpulan yang mengejutkan yang diperoleh para peneliti di Heriot-Watt University, Edinburgh. Mereka menemukan selfie berdampak negatif terhadap tingkat keintiman hubungan.