24 February 2016

Mengenal Tipe USB

Istilah USB (Universal Serial Bus) tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Hal ini dikarenakan hampir setiap hari kita menjumpai banyak peralatan elektronik yang telah dilengkapi dengan perangkat USB. Sebut saja komputer, laptop, printer, VCD Player, TV, smartphone, hingga tablet sudah dilengkapi dengan USB ini. Secara umum, versi USB mengacu pada kecepatan dan fungsionalitas datanya, sedangkan tipe USB mengacu pada bentuk fisik dan kabel dari port serta colokan USB-nya.


USB Type A
Dikenal juga sebagai USB standar A, yaitu desain asli untuk standar USB dengan bentuk datar dan persegi panjang.Konektor tipe A (A-laki-laki) adalah konektor yang masuk ke sebuah host, seperti komputer. Dan pada host, USB port (wadah) disebut port A-laki-laki. Versi USB yang berbeda, termasuk USB 1.1, USB 2.0, USB 3.0 saat ini kompatibel dengan USB tipe A. Diantara perangkat yang kompatibel lainnya dengan USB tipe A adalah hard drive eksternal, mouse, keyboard atau adaptor jaringan.

USB Type B
Konektor tipe B adalah ujung kabel USB standar yang plugs ke perangkat periferal, seperti printer, telepon, atau hard drive eksternal. Dikenal juga sebagai tipe B-laki-laki. Sedangkan pada perangkat periferal, USB port disebut tipe B-wanita. Sampai sekarang ada 5 desain populer untuk USB type B steker dan konektor. Yaitu Standar-B (dibuat untuk USB 1.1 dan USB 2.0), Mini USB (ditemukan pada perangkat portabel lama, seperti kamera digital, smartphone, dan drive portabel lama), Micro USB (lebih kecil dari mini USB, port USB paling populer saat ini untuk smartphone dan tablet), Micro USB 3.0 (ujung kabel berwarna biru), Standar-B USB 3.0 (kedua ujung kabel biru, untuk menangani kecepatan USB 3.0)

 
USB Type C
USB tipe C biasa disebut dengan USB-C. Secara fisik, port dan konektor pada tipe C memiliki ukuran yang sama seperti pada Micro USB-B. Pada tipe C, kabel USB memiliki kedua ujung yang sama sehingga kita tidak perlu khawatir akan terbalik. USB tipe C akan mendukung USB 3.1 dengan kecepatan tertinggi hingga 10 Gbps dan mempunyai daya output hingga 20V (100W) dan 5A.

Versi USB
  • USB 1.1 : dirilis bulan Agustus 1998 dengan kecepatan 12 Mbps.
  • USB 2.0 : dirilis pada April 2000 dengan kecepatan maksimal 480 Mbps
  • USB 3.0 : dirilis pada bulan NOvember 2008 dengan kecepatan tertinggi 5 Gbps
  • USB 3.1 : dirilis pada 26 Juli 2013 dengan kecepatan mencapai 10 Gbps

* Diolah dari berbagai sumber