13 May 2016

Mari Mengenal OTT


OTT (Over The Top) merupakan layanan dengan konten berupa data, informasi, atau multimedia yang berjalan melalui internet. Layanan OTT umumnya menumpang pada jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi. Singkatnya, untuk bisa mengakses layanan OTT ini, pengguna harus mengandalkan jaringan internet. Dewasa ini layanan OTT makin tumbuh subur seiring perkembangan internet dan smartphone. Akhirnya aplikasi layanan OTT menjadi identik dengan platform mobile. Penyebabnya jelas, yaitu perkembangan ponsel yang semakin "pintar" dan koneksi internet yang semakin cepat hingga generasi keempat saat ini.
Untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik, setidaknya ada 3 unsur yang harus dipenuhi oleh layanan OTT, yakni :

Telco World
Telco World merupakan ranah dimana para penyedia layanan telekomunikasi berada. Telco World diisi oleh ISP (Internet Service Provider) dan penyedia layanan jasa telekomunikasi dan internet. Tugas Telco World adalah menyediakan infrastruktur internet, jaringan internet yang nantinya menunjang jalannya fungsionalitas sebuah layanan OTT. Di Indonesia, yang termasuk dalam Telco World adalah Telkom, XL Axiata, Indosat OOredoo, dan provider telekomunikasi lainnya yang berbasis di negeri ini.

 
OTT World
OTT World dapat diartikan sebagai tempat dimana para pengembang aplikasi berbasis OTT berada.

OTT Service
OTT Service dapat didefinisikan sebagai semua bentuk produk layanan di dunia digital melalui aplikasi OTT yang memanfaatkan koneksi internet dari Telco World. Namun tidak semua aplikasi online dapat disebut aplikasi berbasis OTT. Kunci utama OTT adalah menumpang pada jaringan internet provider. Aplikasi online seperti TV on demand (pengguna bisa mengakses dan mengontrol siaran yang ditonton menggunakan jaringan internet) tidak dikategorikan sebagai OTT. Pasalnya, untuk bisa mengaksesnya pengguna harus berlangganan TV kabel yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan penyedia layanan internet tertentu. Sementara layanan OTT murni menumpang pada jaringan internet milik provider.

Beberapa situs dan aplikasi yang bisa dikatakan sebagai layanan OTT antara lain Google, Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, Instagram, Path, Snapchat dan masih banyak lagi.

* Diolah dari berbagai sumber