07 September 2016

Fenomena Pokemon Go



Pokemon Go sebagai game mobile berbasis AR (Augmented Reality) yang memanfaatkan navigasi GPS, memberikan sensasi baru bermain game dengan cara asyik dan unik. Namun belakangan kita dapat dengan mudah menemukan kontroversi mengenai permainan ini. Mulai dari seputar bahaya dan resiko bermain Pokemon Go, semisal dapat memecah konsentrasi di saat berkendara, data pribadi pengguna yang tersedot, hingga resiko malware saat salah men-download game Pokemon Go. Nyatanya selain bahaya soal resiko pemecah konsentrasi, soal keamanan data masih belum terbukti hingga kini.

Untuk itu saya akan sedikit memberikan gambaran tentang manfaat bermain Pokemon Go seperti yang dikemukakan oleh seorang profesor klinis asal Amerika Serikat, Matt Hoffman berikut ini :

Manfaat Kesehatan
Menurut Hoffman, kegiatan pemain yang aktif melakukan pencarian untuk menangkap monster Pokemon Go, tentu memaksa pemainnya aktif bergerak, melakukan perjalanan di seluruh penjuru wilayah, berjalan jauh dan menggerakkan badan mereka untuk mencari posisi pas dan tepat menangkap Pokemon. Hal ini menjadikan game Pokemon Go sebagai sarana yang tepat untuk berolahraga.
Trainer (pemain game Pokemon Go) harus berjalan-jalan di berbagai titik lokasi untuk menemukan dan menangkap Pokemon dan menemukan akses lokasi tertentu yang disebut Pokestop, dimana Pokeball dan barang-barang berguna lainnya dikumpulkan, termasuk PokeEggs (telur Pokemon). Untuk mencapai lokasi Pokestop, menangkap Pokemon yang berbeda-beda dan melakukan penetasan PokeEggs membutuhkan banyak aktifitas berjalan dari tiap pemainnya.


Manfaat Sosial
Game berbasis AR seperti Pokemon Go membawa orang bersama-sama, berinteraksi, memberikan kesempatan tiap pemainnya untuk melakukan interaksi sosial dan meningkatkan rasa kepedulian dengan orang lain. Hal ini memiliki dampak positif pada kesehatan emosional dan mental pemainnya.

Mendekatkan Anggota Keluarga
Pokemon Go adalah permainan non-kekerasan dan justru mendorong keluarga untuk berjalan bersama-sama di sekitar rumah atau taman.

Berani Mengeksplor Hal Baru
Permainan ini diklaim bakal meningkatkan rasa keingintahuan untuk menemukan pengalaman baru dan daerah baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Dibalik manfaat yang bisa diambil dari permainan Pokemon Go, ada potensi bahaya yang dapat ditimbulkannya, diantaranya :

Kecelakaan
Hal ini dimungkinkan karena bermain Pokemon Go akan memaksa kita terpaku pada tampilan layar. Jika tidak hati-hati, pemain bisa berjalan ke sebuah lubang, atau tercebur ke dalam kolam, atau bahkan berjalan ke tengah jalanan yang ramai yang biasa dikenal sebagai Pokemon Go Injuries.

Kejahatan
Pokestop yang tersebar di sejumlah titik bisa digunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menanti korban dan melakukan kejahatan. Baik itu pencurian gadget, pembunuhan hingga pelecehan seksual.

Keamanan Data
Belum ada bukti yang kuat yang mengarah pada kasus "pencurian data" yang sengaja dilakukan oleh game ini. Nintendo, Niantic, dan The Pokemon Company merupakan perusahaan besar yang pastinya telah menghindari hal-hal tersebut. Namun di luar sana banyak aplikasi 'palsu' yang memuat malware alias virus yang bisa jadi melakukan hal yang kita takutkan bersama, pencurian data.
Untuk itu, secara resmi Niantic menganjurkan agar kita hanya mendownload Pokemon Go versi resmi. Potensi pencurian data dapat dimanfaatkan oleh intelijen asing untuk memetakan kekuatan militer negara lain. Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah kewaspadan yang kita perlukan saat ini ketika bermain Pokemon Go.

* diolah dari berbagai sumber