20 April 2010

Teknologi Core 2 Duo


Intel Core 2 Duo merupakan sebuah merek CPU berbasis microarchitecture Intel Core 64 bit, x86-64 single, dual dan quad core. Arsitektur mikro yang dimiliki oleh produk Intel Core 2 ini menerapkan tingkat clock yang lebih rendah dan peningkatan penggunaan dari kedua siklus clock dan tenaga yang tersedia. Hal ini jika dibandingkan dengan arsitektur mikro milik NetBurst pada produk Pentium 4. Pada seri Core 2 ini arsitektur mikronya membuat prosesor ini memiliki tahap decoding yang lebih efisien, unit ekseskusi, cache dan buses. Selain itu prosesor ini lebih irit akan daya dan kapasitasnya untuk aktifitas processing semakin meningkat.


Ada banyak sekali jenis dari Intel Core 2, antara lain Core 2 Duo, Core 2 Extreme, Core 2 Quad, dan Core 2 Solo. Sesuai dengan namanya, Core 2 Duo merupakan prosesor dengan dua buah chip didalamnya. Core 2 Solo memiliki satu chip dan Core 2 Quad mempunyai empat chip dalam satu prosesor. Core 2 Duo memiliki keunggulan antara lain merupakan chip yang cukup murah di pasaran, penggunaan daya yang lebih irit sehingga tidak mudah panas, tidak berisik, dan dapat digunakan pada PC dengan bentuk lebih kecil atau compact. Sayangnya "politik" yang terjadi antara Intel dan vendor kartu grafisnya ternyata merugikan, terutama para gamers. Mereka harus memilih apakah harus menggunakan Intel Board untuk kartu grafis ATI CrossFire atau board nVidia untuk kartu SLI.

Prosesor Core 2 Duo memiliki beragam kode, diantaranya Allendale (65nm), Conroe (65nm), Conroe-CL (65nm), Wolfdale-3M (45nm), dan Wolfdale (45nm). Allendale adalah prosesor Core 2 Duo dengan kode E4000, dimana ia merupakan versi murah dari Conroe core. Ia memiliki bus 200 MHz dengan kapasitas L2 Cache lebih rendah 50%. Conroe sendiri merupakan prosesor Core 2 Duo yang pertama kali dibuat oleh Intel. Prosesor ini diproduksi pada wafers 300 mm menggunakan proses manufaktur 65 nm. Conroe diproduksi untuk menggantikan Pentium 4 dan Pentium D. Intel mengatakan bahwa Conroe mampu memberikan performa 40% lebih baik dengan pemakaian daya lebih hemat 40% ketimbang Intel Pentium D. Semua prosesor dengan kode Conroe memiliki L2 Cache 4 MB.


[dari berbagai sumber]