13 August 2012

Asisten Pribadi Virtual

Saat Apple memperkenalkan Siri, sepertinya akan muncul terobosan besar dalam dunia telekomunikasi khususnya smartphone. Asisten pribadi virtual akan menjadi media bagi kita untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Akhirnya banyak vendor besar smartphone mulai berlomba-lomba mengeluarkan produk sejenis. Mulai dari Samsung dengan S Voice, LG dengan Quick Voice, dan yang baru saja Google dengan menghadirkan Google Now. Inti dari teknologi yang dikembangkan pun sama, yaitu penggunaan suara sebagai perintah untuk menghasilkan informasi, menjawab pertanyaan, penunjuk jalan, atau bahkan memberikan rekomendasi.

Teknologi yang semakin berkembang dan informasi yang tersedia secara bebas di dunia maya, menjadikan smartphone yang kita gunakan sebagai sebuah asisten pribadi yang mengerti akan keinginan kita.

SIRI
Siri merupakan produk pertama yang menggunakan teknologi ini pada sebuah smartphone. Awal peluncurannya, Siri hanya mampu beroperasi maksimal di wilayah Amerika. Namun Apple menunjukkan keseriusannya pada peluncuran iOS 6 lalu dengan menambah jumlah kawasan yang dapat di dukung oleh Siri dan penambahan pengenalan bahasa yang lebih banyak.


Siri pada awalnya hanya mendukung pencarian tempat yang dikombinasikan dengan Geotagging. Yaitu membantu berinteraksi lebih mudah dengan aplikasi seperti email, kalender, keadaan cuaca, notes, musik, web dan maps. Namun setelah muncul iOS 6, Apple juga menambahkan fitur baru untuk Siri, yaitu integrasi dengan vendor mobil bagi teknologi Eye Free yang membuat kita lebih nyaman dalam berkendara.



S VOICE
Samsung dan Apple merupakan dua vendor besar yang bisa dikatakan sebagai rival abadi. Mulai dari perang smartphone, tablet, paten dan teknologi. Munculnya Siri dari Apple, membuat Samsung tidak ingin ketinggalan dengan memperkenalkan S Voice.


Samsung S Voice memiliki poin unik dalam pengoperasiannya. Kita cukup mengucapkan "Hi Galaxy" untuk mengaktifkan S Voice ini. Selain itu, kita juga dapat menjalankan aplikasi kamera dengan mengucapkan "I want to take a picture" dan "cheese !" untuk pengambilan gambar. Kita bisa juga melakukan pause, stop, previous, next saat mendengarkan lagu melalui S Voice.

QUICK VOICE
LG memperkenalkan Quick Voice untuk perangkat smartphonenya LG Optimus VU dan LTE II di negara asalnya, Korea Selatan. Quick Voice mempunyai fungsi dan menawarkan fitur yang sama dengan dua rivalnya. Namun sayangnya Quick Voice saat ini hanya dapat dinikmati oleh warga Korea saja. Belum jelas apakah nantinya aplikasi ini akan mendukung penggunaan bahasa yang lebih banyak dan dukungan untuk negara lainnya.


Quick Voice dari LG ini mendukung beberapa aplikasi bawaan, yaitu Address Book, Alarm, Kalender, Email, Maps, Stocks, Telepon, Cuaca dan Pencarian Online.

GOOGLE NOW
Meski bukan termasuk vendor yang mengeluarkan perangkat smartphone, Google tidak ingin ketinggalan dalam perbaikan dari sisi sistem operasi. Pada acara Google I/O 2012, raksasa di dunia internet Google memperkenalkan update terbaru sistem operasinya, Jelly Bean dengan fitur terbaru untuk menyaingi Apple Siri, Google Now.


Google Now dapat diaktifkan dengan menekan tombol "Home" dan swipe ke atas dari lock screen. Memberikan tambahan list "Cards" yang dapat di scroll. Adapun fitur Cards meliputi Weather, Traffic, Next Appointment, Travel, Flights, Public Transit, Places dan Sports. Google Now dapat dikatakan selangkah lebih maju dari pesaingnya. Memberikan informasi lengkap secara langsung sesuai kebutuhan kita.

Google telah dikenal sejak lama akan 2 hal, pencarian dan peta. Dua hal inilah yang membuat Google Now mampu berjalan dengan baik. History pencarian memberikan data yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sedangkan peta menyimpan data tempat yang sering kita kunjungi. Google mungkin bahkan mengetahui di mana kita tinggal dan di mana kita bekerja. Untuk itulah Google Now memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan para pesaingnya.

* Diolah dari berbagai sumber