02 April 2014

Fungsi Tersembunyi Flashdisk

Sebuah media penyimpanan mobile yang disebut Flashdisk tentu sudah sangat Anda kenal. Perangkat ini digunakan untuk menyimpan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, misalnya dari komputer satu ke komputer lainnya. Namun tahukah Anda jika flashdisk memiliki fitur tersembunyi yang jarang Anda gunakan ?
Berikut fitur-fitur tersembunyi yang ada pada flashdisk :


Web Server Portabel
Memiliki web server yang bisa dibawa kemana-mana tentu memberikan nilai lebih bagi kita. Karena tidak perlu menginstal ke dalam komputer stand alone. Flashdisk dapat melakukannya dengan menginstal aplikasi server2go di flashdisk kita. Praktis dan tidak repot kan ? :)

Mengunci dan Membuka Komputer
Flashdisk dapat juga Anda manfaatkan untuk mengunci dan membuka komputer. Anda cukup mencolokkan flashdisk pada komputer untuk membukanya. Dan ketika flashdisk dicabut, maka komputer secara otomatis akan terkunci (locked). Agar dapat menggunakan fitur ini, Anda harus menginstal aplikasi yang bernama Predator.




Meningkatkan Kecepatan Komputer
Saat komputer melambat, maka flashdisk dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatannya dengan bantuan aplikasi yang bernama ReadyBoost. ReadyBoost akan membaca cache file yang sering di buka dari flashdisk, sehingga akan meningkatkan kecepatan komputer.

Menghubungkan Ke Jaringan Wi-Fi
Flashdisk dapat menghubungkan (connect) komputer ke jaringan Wi-Fi secara cepat tanpa harus memasukkan kata kunci (password) berulangkali. Ini dimungkinkan karena Windows mempunyai fitur yang bisa menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang telah digunakan.
Caranya klik kanan jaringan Wi-Fi yang digunakan lalu pilih Properties. Perhatikan tab Connection, klik link Copy this network profile to a USB Flash drive, lalu klik Next. Maka Windows akan menyalin konfigurasi dan pengaturan profile tersebut ke flashdisk.
Untuk menggunakan di komputer lain, colokkan flashdisk dan double click file setup SNK.exe, maka profil jaringan akan segera terinstal dan komputer siap untuk dikoneksikan.

Sumber : diolah dari berbagai macam sumber (website, blog maupun forum di internet)