23 February 2015

Cara Melindungi Layar Sentuh

Saat ini, smartphone dan tablet telah banyak menggunakan layar sentuh (touch screen) dengan material seperti Corning Gorilla Glass yang tangguh. Selain lebih tahan dalam berbagai kondisi, anti gores, dan lebih kuat, bukan berarti kita sebagai pengguna bisa seenaknya memperlakukan layar tersebut. Jika kita menggunakan gadget sembarangan dan tidak hati-hati, bisa jadi membuat kualitas layar sentuh menjadi menurun dan lebih fatalnya membuat tidak berfungsi sebagaimanan mestinya.
Oleh karena itu berikut cara melindungi layar sentuh gadget kita :


Gunakan alat yang tepat
Selalu gunakan jari saat mengoperasikan pada layar sentuh. jika smartphone kita membutuhkan stylus untuk mengoperasikannya, gunakan perangkat bawaan dan jangan menggunakan alat lain. Karena beberapa perangkat mendukung alat yang berbeda dalam mengoperasikan layar sentuh.

Kenali kelemahannya
Hindari layar sentuh untuk kontak langsung dengan perangkat yang mengandung listrik maupun magnet. Magnet akan merusak sensor magnetic yang terdapat pada perangkat yang digunakan aplikasi, contohnya kompas.

Jangan biarkan menyala terus menerus
Fungsi screen timeout sangat berpengaruh dalam menjaga agar layar sentuh lebih awet dan tahan lama. Jika tidak diaktifkan, maka layar terkadang menjadi kecoklatan akibat efek terlalu panas, tampilnya efek ghosting, atau gangguan lainnya pada layar sentuh. Maka dari itu aktifkan screen timeout atau lock screen adalah cara termudahnya.

 

Gunakan pelindung
Gunakan screen protector, hard case, tas atau sejenisnya pada smartphone atau tablet. Meski hal ini membutuhkan biaya tambahan, namun masih lebih baik dibanding layar sentuh gadget kita mengalami kerusakan yang pastinya akan menambah biaya yang lebih besar.

Bersihkan dengan kain khusus
Saat membersihkan layar, gunakan kain berbahan microfiber atau pembersih yang memang diperuntukkan bagi layar sentuh. Bersihkan secara perlahan dengan melakukan pergerakan searah. Jika memakai cairan khusus, usahakan untuk membersihkan layar saat perangkat dalam keadaan mati.