24 September 2015

Konektifitas Wireless Pada Smartphone

Di era modern seperti saat ini, smartphone menjadi salah satu kebutuhan wajib untuk dimiliki. Berbagai macam model dan harga serta teknologi yang dipakainya pun mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Salah satu teknologi yang disematkan pada smartphone modern itu adalah konektifitas yang bersifat wireless. Artinya smartphone kini memiliki kemampuan untuk terhubung dengan perangkat lain dengan tanpa kabel. Sehingga smartphone yang beredar saat ini sering dilengkapi dengan Bluetooth, Wi-Fi dan NFC. Dan berikut penjelasan singkat dari ketiga konektifitas yang dimaksud.


Bluetooth
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi atau PAN (Personal Area Network) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk transfer file atau tukar menukar informasi antar perangkat. Teknologi bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2.4 GHz yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host to host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter).
Pita frekuensi ini telah disisihkan oleh kesepakatan internasional untuk penggunaan perangkat industri, ilmiah, dan medis (ISM - industrial, scientific and medical). Beberapa perangkat yang menggunakan pita frekuensi radio ini seperti bluetooth headset, smartwatch, monitor bayi dan perangkat lainnya dalam band ISM.

  

Wi-Fi
Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel dengan menggunakan teknologi radio yang dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan kebebasan untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan cafe-cafe yang bertanda "Wi-Fi Hot Spot".
Wi-Fi hanya dapat diakses dengan peralatan Wi-Fi certified radio seperti Wi-Fi router, komputer, laptop atau pun ponsel.


NFC
Near Field Communication (NFC) adalah sebuah konektifitas terbaru yang menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) atau dapat diartikan komunikasi medan dekat. Cara kerja NFC menggunakan medan magnet yang terdapat dalam perangkat. Jaringan NFC dapat digunakan sebagai alat komunikasi data seperti pertukaran konten digital yang terdiri dari video, audio maupun gambar. NFC juga bisa menghubungkan sebuah perangkat satu dengan perangkat yang lainnya yang sama-sama memiliki teknologi NFC untuk melakukan pembayaran instan, seperti pembelian tiket, pembelian barang, dan juga sebagai dompet digital.
Jaringan NFC pada smartphone mempunyai fungsi beragam sebagai alat komunikasi untuk perpindahan suatu situs web, kontak telepon, audio dan video beserta foto.

* Dikutip dari berbagai sumber