22 April 2016

Anda Mau Kuliah di Mana ?

Bingung mau kuliah... ?! Kebingungan Anda cukup beralasan mengingat informasi tentang perguruan tinggi yang sampai ke sekolah sangat kurang. Nah, agar Anda tidak mengalami kebingungan selepas SMA/MA nanti, kenalilah perguruan tinggi yang ada di Indonesia berikut ini :


UNIVERSITAS
Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang paling umum di Indonesia. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mengarahkan Iulusannya menjadi tenaga profesional siap kerja atau tenaga pendidikan serta peneliti. Universitas terdiri atas berbagai fakultas. Fakultas ini pun dipecah lagi menjadi beberapa jurusan, misalnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ada jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, Administrasi Negara, dan Sosiologi.

INSTITUT
Institut berbeda dengan universitas, dimana institut berkonsentrasi pada satu bidang kajian. Sebagai contoh, institut pertanian hanya mengkhususkan bidang pertanian. Institut teknik hanya konsentrasi di bidang teknologi, atau institut seni berkutat di bidang seni. Meskipun demikian, institut juga mempunyai beberapa fakultas.

 
SEKOLAH TINGGI
Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Jika memenuhi syarat, Sekolah Tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sebagai contoh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memiliki program profesi spesialis ekonomi atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), khusus mengajarkan ilmu akuntansi.

AKADEMI
Akademi hanya menyelenggarakan satu program studi dan lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Di perguruan tinggi ini, porsi praktik lebih besar daripada teori. Banyak akademi di Indonesia berstatus kedinasan. Artinya, akademi itu diselenggarakan oleh dinas pemerintah, misalnya Akademi Militer (AKMIL), Akademi Ilmu Pemasyarakatan, dan Akademi Kepolisian (AKPOL).

POLITEKNIK
Politeknik bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional. Sesuai dengan tujuannya, politeknik memberikan pengalaman belajar berupa praktik dan latihan yang memadai. Di politeknik, porsi praktik lebih besar daripada teori. Contoh politeknik antara lain Politeknik Kesehatan (POLTEKES), Politeknik Manufaktur, Politeknik Ilmu Pelayaran, dan Polteknik Elektronika.

Dari kelima jenis perguruan tinggi di atas, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memilih perguruan tinggi hanya karena pengaruh teman. Wewenang ada di tangan Anda.

Keep spirit for best future... !!! 

 

No comments:

Post a Comment