07 April 2010

Komponen Sistem Komunikasi Data


Komputer dapat saling berhubungan dalam area tertentu. Dengan adanya hubungan tersebut kita dapat saling berkomunikasi, berbagi data, berbagi pakai periferal dan sebagainya. Untuk memahami prinsip tersebut diperlukan pengetahuan dasar tentang komponen utama yang digunakan hampir semua sistem komunikasi yang dimaksud.

Adapun komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Host komputer : komputer tempat penyimpanan informasi, dan dari sana lah informasi ditransmisikan.
  2. Receiving komputer : port untuk komunikasi, berupa komponen dasar seperti keyboard dan layar monitor (display).
  3. Data : berupa informasi perbankan, personalia, inventaris, dan lain-lain.
  4. Protokol komunikasi : suatu set aturan yang berguna untuk mengelola transmisi data. Dalam protokol data ini diperlukan suatu alat penterjemah protokol komunikasi, yaitu gateway.
  5. Komponen transmisi : apabila host komputer dan receiving komputer telah bekerja dan protokol komunikasi yang cocok telah diseleksi, maka komponen transmisi harus dipilih dan dipergunakan.Komponen transmisi ini berupa :   

  • Saluran komunikasi
Merupakan media yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal listrik yang menyatakan data. Saluran ini bisa berupa satelit, sinyal radio, atau jaringan telepon. Dalam jaringan komputer media utama untuk transmisi data adalah twisted pair cable dan coaxial cable.
  • Modem
Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Komunikasinya dapat berupa data analog maupun data digital. Komunikasi digital terdiri dari dua status sinyal On dan Off, 1 dan 0, hitam dan putih.
Modulasi adalah proses mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Sinyal analog dikirim melalui saluran komunikasi ke ujung lain dari suatu jaringan. Di ujung lain sinyal dikembalikan ke bentuk asalnya, yaitu bentuk digital yang dapat diterjemahkan oleh komputer. Proses inilah yang dinamakan demodulasi.


Referensi : dari berbagai sumber.