12 April 2010

Speed up Computer Performance

Komputer merupakan salah satu alat yang selalu kita butuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Baik di kantor, rumah, sekolah ataupun tempat lainnya. Karena seringnya komputer digunakan, adakalanya ia mengalami masalah dalam penggunaannya. Mulai dari masalah yang sederhana hingga yang serius. Namun nggak usah bingung untuk mengatasinya.

Berikut adalah cara sederhana untuk mempercepat kinerja komputer kita yang tersedia di Windows 7, Vista dan XP SP3 aagar komputer Anda dapat bekerja secara efisien dan tetap aman ketika sedang menjelajah internet :

  • Bebaskan Harddisk.
Anda bisa membebaskan space di harddisk Anda dengan menggunakan aplikasi Disk Cleanup(Start-All Programs-Accessories-System Tools-Disk Cleanup). Selain itu ia juga akan membantu meningkatkan kinerja komputer. Aplikasi ini membantu Anda untuk menghapus file-file yang dapat Anda hapus secara aman dan dapat dipilih. Biasanya Temporary Internet File lebih memakan tempat karena browser menyimpan cache dari masing-masing situs yang Anda kunjungi.

  • Percepat Akses Data
Disk Defragmenter (Start-All Programs-Accessories-System Tools-Disk Defragmenter) merupakan aplikasi dimana ia menata kembali file dan folder yang ada pada harddisk sehingga masing-masing file akan menempati tempatnya masing-masing. Jalankan secara berkala dan rutin, paling tidak sebulan sekali.


  • Mendeteksi dan Memperbaiki Disk Error
Selama Anda menggunakan harddisk, maka ia dapat membuat bad sector yang akan memperlambat kinerja harddisk. Aplikasi Error Checking Utility memindai hard drive untuk mencari bad sector. Adapun cara menjalankan Error Checking Utility sebagai berikut :
  1. Tutup semua window yang terbuka
  2. Tekan Start-My Computer
  3. Dalam window My Computer, klik kanan partisi harddisk yang akan Anda cari bad sectornya, lalu klik kanan dan pilih Properties
  4. Pada kotak dialog Properties, pilih Tools dan klik tombol Check Now
  5. Pada kotak dialog Check Disk (atau Error Checking pada Windows 7), tandai Scan for and attempt recovery of bad sector, lalu tekan tombol Start
  6. Jika menemukan bad sector, pilih "fix"

  • Lindungi Komputer Anda dari Spyware
Spyware mengumpulkan informasi personal tanpa diketahui oleh pemilik komputer. Untuk memerangi spyware, mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk menggunakan PC Safety Scan dari Windows Live OneCare. Ini merupakan layanan gratis dan akan membantu pengecekan dan menghapus virus.


[ dari berbagai sumber ]