24 October 2010

Sistem Operasi Telepon Seluler

Telepon seluler saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat modern. Kemana-mana mereka selalu membawa perangkat kecil nan mungil tersebut untuk melakukan komunikasi dengan para kolega. Dari fasilitas standar yang ada, seperti telepon dan SMS hingga layanan terkini semisal chatting dan internet. Semua itu sudah terakomodasi oleh handphone (HP). Agar dapat menjalankan fungsi-fungsi di dalamnya, ponsel memiliki sistem operasi yang menggerakkan seluruh sistemnya. Sistem operasi tersebut merupakan inti kinerja ponsel. Diantara sistem operasi yang terkenal di ponsel adalah :


  • Java
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan James Gosling (sang bapak Java). Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).
 
  • Symbian 

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008, Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%).


  • Windows Mobile 

Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar.


  • Android 

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux yang dirilis November 2007. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam piranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat piranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.