08 May 2011

Seamless Mobility

Konsep seamless mobility yang diperkenalkan oleh Avaya Technology dan Motorola menjadi salah satu solusi baru untuk mempercepat proses konvergensi antara kita, teknologi wired dan wireless, dengan apa saja yang ada di sekitar kita. Alcatel dan Ericsson menyebutnya sebagai mobile triple play. Dalam versi demonya di www.freescale.com/seamless, diperlihatkan bahwa konsep ini memungkinkan kita untuk terus terkoneksi dan sinkronisasi dengan piranti digital yang telah disesuaikan dengan data personal kita.

Seamless mobility menjadikan ponsel sebagai kunci utama dari semua kegiatan, baik di rumah, di kantor, dan dimana pun. Semua dilakukan secara real-time dengan mengutamakan konsep seamless yang menghubungkan antara manusia dengan perangkat, manusia dengan manusia, perangkat dengan manusia dan perangkat dengan perangkat. Seamless mobility memperkenalkan pada user sebuah teknologi konvergensi baru yang mnghubungkan antara fungsi wired dan wireless, voice dan data, serta local dan wide area. Wired voice dan jaringan data dalam fungsi enterprise-nya biasa berjalan dengan fitur VoIP. Dalam konvergensi antar keduanya, data berjalan bersama di atas jaringan area selular, dan diimplementasikan ke dalam voice-enabled WLANs. Hebatnya di dalam lingkungan yang serba konvergen tersebut, pengguna hanya membutuhkan satu jenis handheld saja.

Untuk menghubungkan semua fungsi tersebut, maka diciptakanlah satu single handheld yang serba multimode, multiband, dan multimedia. Salah satunya dengan membuat dual-network phone yang dapat terkoneksi dengan IEEE 802.11 standar WiFi untuk terhubung dengan SIP-based IP-PBX. Dan dalam lingkungan industri ponsel dapat melakukan seamless hand-off antara WLAN access point, dan di luar antara voice-enabled-WLAN dengan jaringan selular. Pada dasarnya dengan adanya solusi seamless mobility, diharapkan keuntungan yang diperoleh dari konvergensi beberapa jaringan adalah mengurangi biaya pengelolaan dari beberapa jaringan. Sayangnya, teknologi andalan berkat dukungan 3G dan broadband ini masih harus menunggu lama implementasinya di Indonesia.

Beberapa komponen yang diperlukan untuk menjalankan solusi ini terdiri dari vendor yang menyediakan piranti devices yang mobile, vendor penyedia aplikasi dan solusi untuk IP telephony, serta penyedia jasa WiFi/WLAN technology. Dan inilah skenario dari seamless mobility, yaitu :
  • Anywhere, anything (dimanapun efektifitas semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik)
  • Seamless intelligent interaction (memungkinkan komunikasi antar device)
  • Seamless sensing and control (penghubung device dari pusat hingga di lapangan)
  • Seamless real-time communications (akses cepat fitur multimedia melalui jaringan broadband)

Source :
  1. http://www.freescale.com/files/wireless_comm/doc/fact_sheet/SEAMLESSFS.pdf
  2. http://www.seamlessmobilitysolutions.com/
  3. http://www.greenpacket.com/gpsolutions/wimaxmodem/benefits.html