17 November 2011

Fitur Baru Pada iOS 5

Perbincangan mengenai iOS selalu menarik untuk diikuti, terlebih lagi sejak kemunculan iPhone 4S sebagai gadget warisan terakhir sang legenda teknologi Steve Jobs. Kehadiran generasi terbaru iOS umumnya selalu diiringi dengan kemunculan iPhone generasi terbaru. Dan ini dibuktikan oleh Apple yang secara resmi meluncurkan sistem operasi mobile iOS 5. Menurut pihak Apple, iOS 5 menawarkan 200 fitur baru yang tidak dijumpai di versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain Instapaper (pengelola urutan bacaan), GroupMe (aplikasi group chat), serta aplikasi edit foto. Penyempurnaan yang dilakukan juga semakin lengkap dengan kehadiran integrasi layanan "awan" terbaru dari Apple, iCloud.

Dan berikut adalah fitur-fitur menarik yang dapat kita temui pada iOS 5 :


Notification Center
Dengan perombakan iOS dari versi 4 ke versi 5, Apple telah menambahkan personalisasi news feed. Feed yang disebut Notification Center oleh Apple ini, nantinya dapat dipersonalisasi tampilannya yang meliputi info cuaca, pergerakan saham, e-mail, pesan atau permintaan berteman dan lain-lain. Kita tetap dapat melihat notification center meskipun ponsel sedang dalam keadaan terkunci.

iMessage
iMessage adalah fitur obrolan layaknya Blackberry Messenger yang diperuntukkan bagi perangkat buatan Apple. Dengan iMessage kita dapat mengirim pesan instan ke teman-teman kita dalam jumlah tak terbatas. Group Messaging pada iMessage mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan saling berkirim gambar, video, lokasi, serta berbagi kontak. Ke depannya, iMessage dipersiapkan untuk berjalan di berbagai sistem operasi mobile.

Newsstand
Dengan Newsstand kita dapat mengatur majalah dan koran digital langganan kita dalam sebuah folder. Semua tagihan langganan aplikasi majalah dan koran nantinya akan ditujukan kepada folder tersebut.

Reminders
Aplikasi Reminder adalah aplikasi yang digunakan untuk mengingatkan kita mengenai segala sesuatu yang sudah kita agendakan sebelumnya. Agenda yang kita buat bisa berbasis waktu maupun lokasi. reminder ini juga dapat disinkronisasikan dengan iCall, Outlook dan iCloud.

Twitter Integration
Pada iOS 5 ini kita dapat mengirimkan tweet langsung dari Safari, Photos, Camera, YouTube dan Maps. Twitter juga terintegrasi pada daftar kontak yang ada di ponsel kita.

Camera and Photos
iOS 5 menghadirkan interface kamera yang dapat langsung diakses dari lockscreen. Kamera juga dilengkapi fitur yang tidak ada pada kamera biasa, seperti gridline, single-tap focus dan exposure locks. Apple juga menambahkan PhotoApp yang merupakan aplikasi edit foto yang dibekali kemampuan untuk melakukan crop, rotasi, peningkatan kualitas gambar serta menghilangkan efek mata merah (red eye reduction).

Safari
Browser mobile andalan Apple ini dilengkapi dengan fitur pengelola daftar bacaan Instapaper. Instapaper memungkinkan kita menyusun daftar bacaan yang berisi artikel yang ingin dibaca nantinya. Daftar bacaan ini dapat kita akses melalui aplikasi mobile ataupun aplikasi desktop dengan memanfaatkan layanan iCloud.

Others
  • PC Free : kita tidak memerlukan bantuan komputer untuk mengaktifkan iOS.
  • Calendar : kalender pada iOS meiliki tampilan dalam setahun.
  • Game Center : Game Center baru kini dapat menampilkan gambar profil serta rekomendasi teman.
  • Wi-Fi Sync : back-up aplikasi melalui koneksi Wi-Fi.
  • Video Mirroring : transfer gambar di iPhone ke Apple TV.


Sumber : Tabloid Pulsa Edisi 218 Th IX/2011