09 January 2012

Prediksi Teknologi 2012

Setelah memasuki tahun 2012 ini, saya merasakan bahwa IT (Informatiom Technology) akan mengalami perkembangan yang signifikan dalam berbagai hal. Baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak atau program, hingga prediksi teknologi masa depan. Produsen sudah menyiapkan berbagai macam strategi untuk menggaet konsumen agar tertarik dengan produknya. Mereka berlomba-lomba membuat perangkat yang bersifat multiguna untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas. Dari perangkat yang biasa-biasa saja hingga yang ruarrrrr biasa mereka buat.

Dari ranah teknologi komputer, perkembangan yang terjadi adalah bergesernya era PC (Personal Computer) ke notebook atau netbook. Saat PC menjadi pilihan utama bagi personal untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, maka pekerjaan-pekerjaan tersebut akan semakin mudah dan cepat dalam penyelesaiannya. Sekitar tahun 1980-an disaat IBM memperkenalkan PC, maka manusia pun mulai belajar tentang komputer yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meski pada waktu itu kita hanya bisa melihat tampilan dalam bentuk teks. Namun pada masanya, itu sudah sangat fenomenal bagi sebuah teknologi modern bagi manusia. Kemudian memasuki tahun 1990-an, muncullah sistem operasi komputer yang tidak hanya menampilkan teks saja. Tapi juga bisa menampilkan kolom, grafik dan gambar. Di era inilah Microsoft mempeloporinya dengan menghadirkan OS Windows 95 sebagai sistem operasi berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Lalu perusahaan-perusahaan lain pun juga tak mau kalah dalam melahirkan sebuah teknologi yang kita butuhkan. MacOS, Linux, Sun Solaris, Novell dan lainnya pun ikut berperan dalam mengembangkan penggunaan komputer hingga saat ini.

Memasuki tahun 2000-an, notebook ikut hadir meramaikan panasnya persaingan dunia komputasi. Jika PC dirasa kurang praktis, maka akan banyak yang beralih ke notebook atau laptop. Karena sifatnya yang portabel, ringkas dan praktis, namun memiliki fungsi yang sama dengan PC. Produsen laptop pun membuat perangkat-perangkat tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sehingga laptop semakin mudah untuk ditemui di sekitar kita. Namun bila kita kurang puas atas gadget tersebut, maka dibuatlah netbook sebagai bentuk ringkas dari notebook (laptop) dengan fitur utamanya adalah networking (jaringan komputer). Hal ini membuat teknologi komputer semakin ramai dan beragam. Belum lagi saat Tablet PC hadir sekitar tahun 2009-an. Maka era komputasi selalu berubah setiap saat tanpa kita sadari. Penyimpanan data juga mengalami perubahan dengan adanya komputasi awan atau cloud computing. Data kita bisa disimpan di awan atau server penyedia layanan cloud. Kita tidak memerlukan lagi flashdisk, CD, harddisk dan media penyimpanan yang selalu kita bawa ke mana-mana.


Sedangkan dari perangkat telekomunikasi, kita dapat melihat bahwa sejak kemunculan sistem operasi Android tahun 2009 yang lalu, pabrikan ponsel ramai-ramai mengadopsinya. Mulai dari Samsung, HTC, Sony Ericsson, LG, Motorola dan lainnya. Seiring dengan kemajuan yang dicapainya, Android saat ini telah membuat peta persaingan OS pada ponsel menjadi semakin ketat. OS semacam Symbian, Palm, WebOS, iOS, BB OS, dan bahkan Windows harus berfikir dua kali untuk menghadapi Android. Dan bahkan sebagaimana kita ketahui, karena kalah bersaing, Palm dan WebOS pun tutup usia. he he he.....

 

Inilah yang mungkin ke depannya akan kita saksikan perkembangan bidang IT yang semakin baik dan memberikan manfaat lebih buat kita. Mulai dari PC, notebook, netbook, Tablet PC dan terakhir ini ultrabook. Sistem operasi pun berevolusi sejak jamannya DOS, Windows, Linux, Sun Solaris, Novell hingga MacOS. Teknologi telekomunikasi juga tak mau ketinggalan. Dari AMPS, GSM, CDMA, CSD, GPRS, EDGE, 3G, 4G atau LTE sampai WiMAX. Sedangkan dari perangkat mobile kita menjumpai Symbian, iOS, BB OS, Windows Phone, Bada hingga Android.


Pada akhirnya kita akan melihat untuk tahun-tahun ke depan berbagai macam gadget dengan teknologi terbaru hadir dalam kehidupan kita. Untuk itu, kita harus bisa mensikapinya dengan bijak. Karena yang namanya teknologi, satu sisi akan memberikan manfaat bagi kehidupan kita dan di satu sisi bisa memberikan pengaruh tidak baik bagi kita. Sekarang tinggal kita bagaimana memperlakukan dan mengelola teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga membuat hidup kita jadi mudah dan berkah. -__-"