05 November 2012

DLNA (Digital Living Network Alliance)

Seperti halnya WiFi, populasi perangkat khususnya ponsel yang mengadopsi teknologi DLNA makin banyak. Awalnya DLNA adalah suatu aliansi perdagangan non-profit yang dibentuk oleh Sony pada tahun 2003. Aliansi ini memiliki lebih dari 250 perusahaan yang tergabung didalamnya. Para anggota menyatakan DLNA adalah teknologi berbasis standar yang digunakan untuk mempermudah pengguna saling berbagi termasuk menerima dan mengirimkan berbagai konten termasuk foto, video, musik dan lainnya dari satu perangkat bersertifikat DLNA ke perangkat lain.


Melalui DLNA dapat merevolusi cara pengguna menemukan, mengirim, menyimpan, mendownload, bermain maupun mencetak konten digital. Yang dibutuhkan hanya jaringan, baik kabel maupun tanpa kabel. Hal ini karena perangkat yang punya "DLNA certified" dapat terhubung dan saling berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan asal seperti halnya internet broadband.


Contohnya, ketika pengguna memiliki koleksi film yang tersimpan dalam jaringan PC/ponsel bersertifikat Digital Media Server (DMS). Daripada hanya menonton film tersebut di layar PC atau ponsel yang terbilang kecil, maka pengguna dapat mengirimkan konten film tersebut ke TV LCD di ruang tamu. Karena TV LCD kita sudah mengadopsi "DLNA certified" sebagai Digital Media Player (DMP). Pengguna pun akhirnya dapat menggunakan media TV tersebut untuk menemukan film dan kemudian menayangkannya.


Begitu pula halnya dengan musik, ketika pengguna memasukkan semua musik favorit ke dalam PC/ponsel. Saat menggunakan "DLNA certified" yang dapat disertifikasi sebagai pengontrol media mobile digital (M-DMC), pengguna dapat menemukan lagu yang diinginkan pada PC/ponsel untuk kemudian mengirimkan lagu tersebut ke perangkat speaker nirkabel yang bersertifikasi DLNA dan kemudian memainkannya di speaker tersebut.

Seiring berjalannya waktu, produk-produk yang memiliki sertifikat DLNA akan bertambah seperti halnya pada ponsel maupun PDA, yaitu termasuk perangkat konsol game, digital camera, speaker nirkabel dan perangkat lainnya.

No comments:

Post a Comment